Imam, Maskur (2015) Implementasi Pendidikan Karakter pada Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2014-2015 (Studi Multi Situs MI Jayan Desa Karangan Kecamatan Karangan dan MI Tarbiyatul Banin wal Banat Desa Kedungsigit Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek). [ Thesis ]
|
Text
BAB IV edit.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III - Rev.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI - Rev.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II - Rev.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V - edit.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
cover tesis.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
cover tesis.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis yang berjudul “Implementasi Pendidikan Karakter pada Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2014-2015 (Studi Multi Situs MI Jayan Desa Karangan Kecamatan Karangan dan MI Tarbiyatul Banin wal Banat Desa Kedungsigit Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek)” yang ditulis oleh Imam Maskur ini di bimbing oleh Prof. Dr. Achmad Patoni, M. Ag. dan Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kurikulum, Madrasah Ibtidaiyah Penelitian tesis ini dilatar belakangi oleh semakin mendesaknya kebutuhan akan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan dan kebijakan pemerintah berkaitan dengan implementasi pendidikan karakter pada kurikulum lembaga pendidikan. Madrasah Ibtidaiyah merupakan lembaga pendidikan tingkat dasar yang dari awal pendiriannya fokus pada pengembangan pendidikan karakter atau dalam Islam dikenal dengan istilah pendidikan akhlak mulia. Kurikulum sebagai seperangkat rencana yang yang berisi tentang tujuan, materi, dan strategi sebagai pedoman kegiatan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu berkaitan dengan implementasi pendidikan karakter pada kurikulum Madrasah Ibtidaiyah perlu dilihat lebih dekat. Untuk Mengetahui hal diatas, maka peneliti merumuskan beberapa pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter dalam kurikulum madrasah ibtidaiyah?; 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam kurikulum madrasah ibtidaiyah?; 3) Bagaimana evaluasi pendidikan karakter dalam kurikulum madrasah ibtidaiyah?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan pendidikan karakter pada kurikulum madrasah ibtidaiyah. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter pada kurikulum madrasah ibtidaiyah. 3) Untuk mengetahui evaluasi pendidikan karakter pada kurikulum madrasah ibtidaiyah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis situs tunggal kemudian dilanjutkan dengan analisis lintas situs. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) pendidikan karakter telah dimasukkan dalam perencanaan kurikulum di madrasah melalui berbagai kegiatan, mulai dari penetapan nilai karakter yang menjadi prioritas, melakukan sosialisasi program, menyusun dalam draft kurikulum, menyusun dokumen I, dan mengesahkan kurikulum 2) pendidikan karakter dilaksanakan, melalui integrasi dengan mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya madrasah. 3) evaluasi pendidikan karakter di madrasah ibtidaiyah cukup berhasil dilihat dari prestasi dan hasil kegiatan namun penilaian pendidikan karakter secara tertulis belum ditemukan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | Imam Maskur |
Date Deposited: | 01 Dec 2015 06:49 |
Last Modified: | 01 Dec 2015 06:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2834 |
Actions (login required)
View Item |