EKA NUR AINI, 12207183026 (2022) MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS XII IPA MADRASAH ALIYAH MA’ARIF 8 IHYAUL ULUM LAMONGAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (501kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (405kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Kelas XII IPA Madrasah Aliyah Ma’arif 8 Ihyaul Ulum Lamongan ”, ini ditulis oleh Eka Nur Aini, NIM 12207183026, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Kelas, Prestasi Belajar Penelitian ini membahas tentang manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XII IPA MA Ma’arif 8 Ihyaul Ulum Lamongan. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XII IPA MA Ma’arif 8 Ihyaul Ulum Lamongan? (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XII IPA MA Ma’arif 8 Ihyaul Ulum Lamongan? (3) Bagaimana evaluasi manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XII IPA MA Ma’arif 8 Ihyaul Ulum Lamongan? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XII IPA MA Ma’arif 8 Ihyaul Ulum Lamongan. Sumber data yang diambil dari kepala madrasah, wali kelas XII IPA, guru bahasa indonesia, dan peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan triangulasi, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, menggunakan bahan referensi dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XII IPA MA Ma’arif 8 Ihyaul Ulum Lamongan a) Dalam merencanakan pengelolaan kelas dilakukan rapat yang diikuti oleh semua guru, b) para guru dalam rapat merencanakan terkait dengan perangkat pembelajaran meliputi RPP, silabus, program tahunan dan program semester, para guru menyiapkan metode dan strategi untuk meningkatkan prestasi dengan cara pendekatan, motivasi belajar, tanya jawab dan tugas kelompok c) pra guru mempersiapkan sarana dan prasarana pembelajaran. (2) pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XII IPA MA Ma’arif 8 Ihyaul Ulum Lamongan yaitu a) melaksanakan hasil perencanaan, b)peningkatan hasil belajar siswa terutama dengan motivasi belajar, c) siswa memiliki prestasi belajar baik diikutkan olimpiade, (3) evaluasi manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XII IPA MA Ma’arif 8 Ihyaul Ulum Lamongan a) kegiatan evaluasi dalam manajemen kelas dilakukan setiap hari, b) bagi siswa berprestasi peringkat 1-3 akan di berikan apresiasi berupa piagam dan hadiaH.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183026 EKA NUR AINI |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 06:57 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 06:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28369 |
Actions (login required)
View Item |