PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPI ANHARUL ULUM MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

SITI ZUMROTUZ ZAKIYAH, 12211183013 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPI ANHARUL ULUM MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPI Anharul Ulum Materi Getaran dan Gelombang” ditulis oleh Siti Zumrotuz Zakiyah, NIM. 12211183013, Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran NHT, Minat dan Prestasi belajar, Getaran dan Gelombang Penelitian ini di latar belakangi oleh proses pembelajaran masih teacher centered dan kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan mengakibatkan minat belajar siswa rendah sehingga prestasi belajar menurun. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMPI Anharul Ulum pada materi getaran dan gelombang. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPI Anharul Ulum pada materi getaran dan gelombang. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap minat belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPI Anharul Ulum pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi experiment pretest postes control group design. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMPI Anharul Ulum. Sampel penelitian adalah kelas VIII A dan VIII B. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan uji instrumen berupa uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis berupa uji t dan manova. Hasil analisis data yaitu: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMPI Anharul Ulum pada materi getaran dan gelombang dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,036 > 1,671 dan nilai signifikansi 0,046 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPI Anharul Ulum pada materi getaran dan gelombang dengan nilai thitung > ttabel yaitu 8,225 > 1,671 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPI Anharul Ulum pada materi getaran dan gelombang dengan nilai signifikansi yaitu 0,017 < 0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183013 Siti Zumrotuz Zakiyah
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:16
Last Modified: 29 Jul 2022 02:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28440

Actions (login required)

View Item View Item