AZINTIA BINKA MELAWATI, 12201183209 (2022) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (408kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (267kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Azintia Binka Melawati, NIM: 12201183209. 2022. Krestivitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Tulungagung. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung. Dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M,Pd Kata kunci: Kreativitas, Metode, Media, Pendidikan Agama Islam, Kualitas pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreativitas guru yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Karena semakin kreatif guru dalam menyampaikan materi maka siswa mudah memahami pembelajaran dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru Pendidikan AgamaIslam dalam mengkombinasi metode pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di SMPN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam memodifikasi media dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di SMPN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana hasil kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengkombinasi metode dan memodifikasi media dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di SMPN 1 Tulungagun? Penelitian ini mengunakan pendekatan studi kasus dengan jenis kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMPN 1Tulungagung, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian juga menggunakan pengecekan temuan dengan meningkatkan ketekunan pada penelitian, triagulasi teknik dan pemeriksaan sejawat Hasil penelitian ini adalah: (1 ) Kreativitas guru PAI SMPN 1 Tulungagung dalam mengkombinasi metode pembelajaran dilakukan dengan cara menggabungkan beberapa metode pembelajaran untuk satu materi dalam satu kali pertemuan yang mengacu pada kurikulum 2013 (K13) dengan menerapkan 5M (mengamati,menanya, mengumpulkan, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan) serta menyusun RPP sesuai materi dan menyesuaikan dengan karakter siswa. Metode yang digunakan antara lain metode ceramah, diskusi, tanya jawab, problem solving, keteladanan, pemberian tugas dan metode blended learning (2) Kreativitas guru PAI SMPN 1 Tulungagung dalam memodifikasi media dilakukan untuk meningkatkan ketertarikan dan minat siswa mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan beberapa media seperti LCD proyektor, PPT, Vidio, google document, classroom, google meet serta handphone. (3) Hasil kreativitas guru PAI SMPN 1 Tulungagung dalam mengkombinasi metode dan memodifikasi media adalah meningkatnya motivasi siswa untuk giat belajar dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan sehingga mampu meraih berbagai penghargaan. Untuk mengatasi kendala kepala sekolah melakukan program pemantauan pembelajaran kepada guru dan melaksanakan workshop.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183209 AZINTIA BINKA MELAWATI |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 07:04 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 07:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28597 |
Actions (login required)
View Item |