FATMA FAIZATUL A’YUNIN, 12201183300 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS IMAM AL GHOZALI PANJEREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (944kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (405kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung” ini ditulis oleh Fatma Faizatul A’yunin. NIM 12201183300. Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awamah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Kedisiplinan, Siswa, Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa tingkat kedisiplinan siswa mengalami penurunan pada masa pandemi covid-19. Utamanya pada masa berlakunya pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di lembaga pendidikan. Dalam hal ini peneliti mengubungkan masalah kedisiplinan dengan karakter siswa, dimana dalam pembentukan karakter perlu adanya peran dari guru khususnya guru pendidika agama Islam. Dalam pembentukan karakter guru pendidikan agama Islam memerlukan strategi yang akan digunakan oleh guru. Dengan adanya strategi tersebut diharapkan karakter disiplin siswa dapat mengalami perkembangan secara signifikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di masa pandemi covid-19 melalui pengajaran di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di masa pandemi covid-19 melalui keteladanan di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di masa pandemi covid-19 melalui pembiasaan di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung?. Tujuan dari fokus penelitian di atas adalah: (1) Untuk mendiskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di masa pandemi covid-19 melalui pengajaran di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di masa pandemi covid-19 melalui keteladanan di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di masa pandemi covid-19 melalui pembiasaan di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap-tahap analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di masa pandemi melalui pengajaran di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung ialah dengan memberikan kesadaran dalam diri siswa dan melatih kedisiplinan siswa. Dalam proses penyadaran diri siswa terkait dengan disiplin guru PAI memberikan dukungan xv berupa motivasi dan nasehat kepada siswa. Pemberian motivasi dan nasehat tersebut dilakukan secara berulang dan berkelanjutan pada saat jam pelajaran dan juga di luar jam pelajaran. Dalam melatih dan menegakkan peraturan kedisiplinan siswa diberikannya buku tata tertib yang harus di taati oleh siswa, pemeriksaan tata tertib dan pemberian hukuman bagi siswa yang melakukan pelanggaran. (2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di masa pandemi melalui keteladanan di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung ialah dengan memberikan teladan terhadap disiplin waktu, disiplin bersikap, dan disiplin beribadah. Dalam memberikan teladan terhadap disiplin waktu guru PAI memberikan contoh dengan datang tepat waktu, selanjutnya guru PAI memberikan teladan dalam disiplin bersikap dengan bersikap sopan santun terhadap sesama, berpakaian yang rapi dan sopan, disiplin mentaati setiap peraturan yang ada di madrasah. Selanjutnya dalam memberikan teladan dalam disiplin beribadah guru PAI memberikan contoh dengan mengikuti setiap kegiatan yang ada di madrasah terutama kegiatan keagamaan seperti membaca Al-Qur’an sebelum KBM, shalat dhuha berjamaah di mushola madrasah dan melakukan pendampingan kegiatan keagamaan yang diikuti oleh siswa. (3) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di masa pandemi melalui pembiasaan di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung ialah mematuhi protokol kesehatan dengan tertib, seperti membiasakan mencuci tangan ketika hendak masuk kelas, memakai masker dan menjaga jarak. Selanjutnya pembiasaan yang dilakukan di MTs. Imam Al Ghozali adalah budaya keagamaan seperti membaca Al-Qur’an sebelum KBM dan dilanjutkan shalat dhuha berjamaah, serta penerapan budaya 5s (salam, senyum, sapa, sopan, santun) untuk membentuk karakter siswa yang disiplin dan religius
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183300 FATMA FAIZATUL A’YUNIN |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 07:09 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 07:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28702 |
Actions (login required)
View Item |