STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER JUJUR DAN DISIPLIN PADAPESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SDIT BINA INSANI KEDIRI

ASMAUL LATIF, 12201183230 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER JUJUR DAN DISIPLIN PADAPESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SDIT BINA INSANI KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Jujur dan Displin pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Bina Insani Kediri” ini ditulis oleh Asmaul Latif, NIM 12201183230, Prodi Pendidikan Guru Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Jujur dan disiplin Menurunnya perilaku dan sikap jujur dan disiplin khususnya pada anak usia sekolah dasar pada zaman modern ini di pengaruhi oleh semakin canggihnya teknologi dan menipisnya kesadaran bahkan hilangnya sikap jujur dan disiplin yang menyebabkan karakter seseorang menurun. Peneliti ingin menggali mengenai strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter jujur dan disiplin pada peserta didik di masa pandemi Covid-19 di SDIT Bina Insani Kediri dalam upaya mengatasi dan mengantisipasi menurunnya perilaku jujur dan disiplin pada anak saat ini dan menjadikan anak lebih berakhlakul karimah. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru Pendidikan Islam dalam pembentukan karakter jujur dan disiplin pada peserta didik di masa pandemi covid-19 di SDIT Bina Insani Kediri? (2) Bagaimana pelaksanaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter jujur dan disiplin pada peserta didik di masa pandemi covid-19 di SDIT Bina Insani Kediri? (3)Bagaimana evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter jujur dan disiplin pada peserta didik di masa pandemi covid-19 di SDIT Bina Insani Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Data sekunder yaitu raport, jurnal guru, dan catatan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik pemeriksanaan keabsahan data yaitu: Krediblitas (credibility), uji kredibilitas data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, trianggulasi sumber, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah ini berupaya menerapkan pembentukan karakter jujur dan disiplin pada peserta didik melalui strategi guru Pendidikan Agama Islam. Strategi guru dalam pembentukan karakter jujur dan disiplin pada peserta didik di masa pandemi covid-19 di SDIT Bina Insani Kediri dapat dilihat dari (1) perencanaan strategi guru dalam pembentukan karakter jujur dan disiplin pada peserta dilaksanakan melalui RPP guru, kegiatan rapat untuk menentukan strategi guru, persiapan sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan pembentukan karakter jujur dan disiplin serta pemberian penyuluhan kepada siswa. (2) pelaksanaan strategi guru dalam pembentukan karakter jujur dan disiplin pada peserta didik dilaksanakan melalui membiasakan berdoa sebelum dan sedudah pelajaran serta memberikan materi yang berkaitan dengan jujur, menggunakan kertas kejujuran. Pelaksanaan dalam meningkatkan kejujuran diluar kelas yaitu, kegiatan kantin kejujuran kotak kejujuran di gunakan bagi yanag menemukan uang jatuh atau uang yang di temukan, membiasakan bersikap sopan santun, membiasakan bersalaman pada guru setiap pagi dana membiasakan sholat dhuha dan dhuhur setiap hari. (3) evaluasi strategi guru dalam pembentukan karakter jujur dan disiplin pada peserta didik dilaksanakan melalui penilaian yang dilakukan di dalam kelas, meliputi penilaian jurnal, dan penilaian guru, penilaian yang dilakukan di luar kelas melalui pengamatan langsung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183230 ASMAUL LATIF
Date Deposited: 16 Sep 2022 06:47
Last Modified: 16 Sep 2022 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28954

Actions (login required)

View Item View Item