KEMAMPUAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus di MIN 3 Tulungagung)

ILMIA FAUZIAH, 12205183058 (2022) KEMAMPUAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus di MIN 3 Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di Min 3 Tulungagung)” ini ditulis oleh Ilmia Fauziah, NIM. 12205183058, pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Kemampuan Literasi, Prestasi Belajar Skripsi ini dilatarbelakangi oleh budaya literasi pada negara Indonesia masih dalam posisi sedang. Dan pemerintah Indonesia sedang melakukan upaya untuk menghambat turunnya budaya literasi dan menciptakan perubahan dengan membangun budaya literasi sejak dini. Tantangan dalam meningkatkan budaya literasi pada era ini adalah kuatnya budaya visual, adaptasi dari pola digital. Perlu adanya kerjasama antara sekolah dan orang tua untuk mengembangkan budaya literasi sejak dini. Jika kemampuan literasi pada peserta didik kualitasnya rendah maka akan menghadapi masalah belajar karena tidak dapat membaca dan menulis serta tidak dapat berkomunikasi secara efektif, mengalami kesulitan belajar disemua mata pelajaran bahkan memiliki dampak negatif yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Maka dari itu kemampuan literasi sangat penting untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan literasi baca tulis untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MIN 3 Tulungagung ?, (2) Bagaimana kemampuan literasi numerasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MIN 3 Tulungagung ?, (3) Bagaimana kemampuan literasi digital untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MIN 3 Tulungagung ? Adapun tujuan penelitiannya adalah: (1) Menganalisis kemampuan literasi baca tulis dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MIN 3 Tulungagung, (2) Menganalisis kemampuan literasi numerasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MIN 3 Tulungagung, (3) Menganalisis kemampuan literasi digital dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MIN 3 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan ketekunan pengamat, triangulasi (sumber dan metode), dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Literasi baca tulis memberikan pengaruh positif untuk prestasi belajar siswa dengan membentuk siswa yang literat dalam hal membaca dan menulis dan guru menggunakan metode membaca 15 menit sebelum pembelajaran dan menggunakan metode membaca terbimbing serta peran guru sebagai pendidik dan fasilitator serta sebagai motivator untuk siswa dalam berkegiatan literasi. (2) Literasi numerasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran matematika dengan kegiatan praktik, menghafal dan mengigat serta melakukan kegiatan tanya jawab saat pembelajaran sebagai kegiatan untuk meningkatkan kemampuan ber angka pada siswa melalui pembelajaran matematika yang di relefansikan dengan kehidupan sehari-hari dan guru sebagai fasilitator siswa. (3) Literasi digital menambah wawasan siswa pada media digital dengan kegiatan sharing dan belajar bersama melalui aplikasi edukasi sehingga siswa mampu mengakses dan menyaring informasi dan mengevaluasi, peran guru sebagai pembimbing siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183058 ILMIA FAUZIAH
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:45
Last Modified: 10 Aug 2022 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28955

Actions (login required)

View Item View Item