CAHYO DWI PRASETYO, 17201153507 (2022) PERAN USTADZ DALAM MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS KETAATAN DAN KEDISIPLINAN SANTRI MADIN THORIQUL JANNAH MUNJUNGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (862kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (470kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Ustadz Dalam Meningkatkan Nilai Religius Ketakwaan dan Kedisiplinan di Madrasah Diniyah Thoriqul Jannah Munjungan Trenggalek” ini ditulis oleh mahasiswa UINSATU Tulungagung bernama Cahyo Dwi Prasetyo, nim 17201153507, pembimbing ustadz Dr H Asrop Safi‟i, M.Ag. Kata kunci: peran ustadz, Nilai Religius Ketaqwaan dan Kedisiplinan Latar belakang penelitian dalam skripsi ini karena pada zaman sekarang sudah maraknya teknologi dan informasi yang sangat pesat, dengan hal tersebut dapat mempengaruhi nilai-nilai religius ketaqwaan dan kedisiplinan dalam beribadah. Oleh karena itu penulis mengangkat skripsi ini dengan tema Peran Ustadz Dalam Meningkatkan Nilai Religius ketakwaan dan kedisiplinan di Madrasah Diniyah Thoriqul Jannah Munjungan Trenggalek. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah:(1)Bagaimana Peran Ustadz Dalam Meningkatkan Nilai Religius Ketakwaan dan Kedisiplinan di Madrasah Diniyah Thoriqul Jannah Munjungan Trenggalek?(2)Bagaimana Hambatan yang Dihadapi Ustadz Dalam Meningkatkan Nilai Religius Ketakwaan dan Kedisiplinan di Madrasah Diniyah Thoriqul Jannah Munjungan Trenggalek?(3)Bagaimana Dampak Yang Terjadi Terhadap Santri Madrasah Diniyah Thoriqul Jannah Munjungan Trenggalek? Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskripstif kualitatif, deskriptif kualitatif Lokasi penelitian ini dilakukan Madrasah Diniyah Thoriqul Jannah Munjungan Kabupaten Trenggalek dan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya, data yang digali berdasarkan dua sumber : (1) data primer dan (2) data sekunder, kemudian untuk tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu: (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik analisa data dengana menggunakan kondensasi data, penyajian Data, Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian tersebut ditemukan(1)Peran ustadz dalam meningkatkan nilai religius ketakwaan dan kedisiplinan di Madrasah Diniyah Thoriqul Jannah Munjungan Trenggalek Berdasarkan penelitian tentang peran ustadz meningkatkan nilai religius. Peran ustad adalah sebagai pembuat program kerja tahunan, mengunakan metode ceramah, metode pembiasaan, pembuatan tata tertib, Metode reward dan punisment. Selain itu didukung oleh muatan pelajaran yang dapat membentuk karakter peserta didik berupa tauhid, akhlak, fikih, bahasa arab, al-qur‟an, hadis, nahwu, shorof, tafsir, keNU-an, dan imlak.(2)Hambatan yang dihadapi ustadz dalam meningkatkan nilai religius ketakwaan dan kedisiplinan di Madrasah Diniyah Thoriqul Jannah Munjungan Trenggalek. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa penghambat kegiatan untuk meningkatkan nilai religius terdapat faktor-faktor baik dari dalam ataupun dari luar. Faktor dari dalam , yaitu faktor dari dalam diri santri dan internal madrasah. Faktor dari luar meliputi orangtua, masyarakat dan latar belakang.(3)Dampak terhadap santri Madrasah Diniyah Thoriqul Jannah Munjungan Trenggalek. Dari adanya meningkatkan nilai-nilai relegius membentuk karakter santri tentunya cenderung pada hasil positif yang ditimbulkan. Dari hasil penelitian ditemukan nilai ketakwaan terhadap santri yaitu: tawadu‟, qona‟ah, wara‟ dan yakin. Sedangkan ditemukan nilai ketakwaan terhadap santri yaitu: Mengerjakan sesuai perintah, Melaksanakan ibadah tepat waktu, mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan, memperhatikan atau menyimak kegiatan pembelajaran, partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, berperilaku santun dalam suasana pembelajaran dan keseharian, serta mengikuti tata tertib.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153507 CAHYO DWI PRASETYO |
Date Deposited: | 16 May 2023 02:45 |
Last Modified: | 16 May 2023 02:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28964 |
Actions (login required)
View Item |