ELI KURNIAWATI, 12208183084 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII MTsN 8 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (143kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Kurangnya peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran menyebabkan prestasi belajar siswa rendah dan sikap ilmiah siswa belum begitu tampak dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif, kegiatan pembelajaran terpusat pada guru (teacher center). Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya inovasi proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar dan sikap ilmiah siswa menjadi lebih baik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 7E, model ini melibatkan peran aktif siswa dan menekankan pentingnya memunculkan pemahaman awal siswa terhadap materi pembelajaran serta memperluas transfer konsep mengenai materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap prestasi belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII MTsN 8 Blitar. (2) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap sikap ilmiah siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII MTsN 8 Blitar. (3) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap prestasi belajar dan sikap ilmiah siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII MTsN 8 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk penelitian yaitu Non equivalent control group design. Menggunakan purposive sampling yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji T-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle 7E terhadap prestasi belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelass VII MTsN 8 Blitar. Ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel = 9.852 > 2.039 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Ha diterima. (2) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle 7E terhadap sikap ilmiah siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII MTsN 8 Blitar. Ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel = 9.372 > 2.039 dan nilai signifikansi sebesar sebesar 0.000 < 0.05 sehingga Ha diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap prestasi belajar dan sikap ilmiah siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII MTsN 8 Blitar. Ditunjukkan oleh nilai Fhitung > Ftabel = 70.242 > 3.33 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 sehingga Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Lingkungan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183084 ELI KURNIAWATI |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 07:10 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 07:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29066 |
Actions (login required)
View Item |