QURROTUL AINI RAHMA OKTAVIANI, 12201183433 (2022) STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR'AN SISWA DI SMP TERPADU DARUSSALAM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (602kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (126kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (667kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (760kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an Siswa di SMP Terpadu Darussalam Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Qurrotul Aini Rahma Oktaviani, NIM : 12201183433, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru Tahfidz, Motivasi, Menghafal Al-Qur’an Skripsi ini dilatar belakangi oleh proses menghafal Al Qur’an yang pasti perlu sebuah strategi khusus yang dapat membantu meningkatkan motivasi hafalan siswa setiap harinya dengan maksimal, bukan hanya meningkatkan setoran hafalan saja tetapi meningkatkan kemampuan pelafalan, kefasihan serta tajwidnya. Mengingat kegiatan hafalan Al Qur’an adalah kegiatan yang kurang diminati oleh kebanyakan siswa, maka dari itu guru harus pandai memilih dan menentukan strategi apa yang digunakan dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an siswa sesuai kepribadian siswanya. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah:1)Bagaimana strategi guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa di SMP Terpadu Darussalam Campurdarat Tulungagung?. 2) Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung strategi guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa di SMP Terpadu Darussalam Campurdarat Tulungagung?.3) Bagaimana cara memecahkan hambatan siswa dalam meningkatkan motivasi menghafal Al Qur’an di SMP Terpadu Darussalam Tulungagung?. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penenlitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah guru serta siswa kelas VIII dan IX. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: Hasil penelitian ini yaitu: 1) Strategi guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal siswa di SMP Terpadu Darussalam Campurdarat Tulungagung meliputi: Menumbukan minat menghafalkan Al-Qur’an pada siswa, tujuan diadakan program tahfidz untuk bisa mendekatkan siswa kepada Al-Qur’an, harapan dengan diadakan program tahfidz agar ketika anak lulus siswa tidak hanya mampu membaca Al-Qur’an, namun mampu hafal Al-Qur’an jus 30, Metode yang digunakan dalam menghafal yaitu metode bin-nadzhar dan muroja’ah, memberikan target hafalan, tausyiah pada hari jum’at, memberikan hadiah, pemberiah hukuman. 2) Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Siswa di SMP Terpadu Darussalam Campurdarat Tulungagung yaitu: faktor penghambat di bagi menjadi dua faktor internal dan eksternal diantaranya: rasa malas dan bosan, kurang lancar membaca Al-Qur’an, kurang motivasi diri sendiri, sering lupa. Sementara faktor eksternal: latar belakang siswa, tidak mampu mengatur waktu, adanya kemiripan ayat. Faktor pendukung motivasi siswa dari lingkungan untuk menghafal, suasana kelas yang kondusif, tersedianya guru tahfidz, hubungan yang baik antara guru tahfidz dan siswa. 3) Cara guru tahfidz dalam memecahkan hambatan-hambatan meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa di SMP Terpadu Darussalam Campurdarat Tulungaggung diantaranya:niat yang ikhlas, membangkitkan semangat siswa dalam meningkatkan motivasi untuk menghafal Al-Qur’an, melakukan kerja sama antara guru dan siswa, membaca al-Qur’an berulang ulang, mencintai Al-Qur’an, membagi waktu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mahasiswa 12201183433 Qurrotul Aini Rahma Oktaviani |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 03:21 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 03:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29126 |
Actions (login required)
View Item |