THE EFFECTIVENESS OF USING FOUR CORNERS STRATEGY TOWARDS STUDENTS’ WRITING ABILITY IN ANALYTICAL EXPOSITION TEXT AT MA BAHRUL ULUM KEPOHBARU BOJONEGORO

PUTRI MEGAWATI, 12203173120 (2022) THE EFFECTIVENESS OF USING FOUR CORNERS STRATEGY TOWARDS STUDENTS’ WRITING ABILITY IN ANALYTICAL EXPOSITION TEXT AT MA BAHRUL ULUM KEPOHBARU BOJONEGORO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Megawati, Putri. NIM: 12203173120, 2021. The Effectiveness of Using Four Corners Strategy towards Students’ Writing Ability in Analytical Exposition Text at MA Bahrul Ulum Kepohbaru Bojonegoro. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Advisor: Dr. H. Nursamsu, S.Pd.I.,M.Pd Kata kunci: Keterampilan Menulis, Four Corner, Analytical Exposition Untuk menciptakan suasana belajar lebih santai dan menyenangkan. Seorang guru seharusnya menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Dengan itu, diharapkan mampu meningkatkan prestasi dalam menulis. Penelitian kali ini menawarkan sebuah strategi pembelajaran yang dapat digunakan sebagai acuan alternatif untuk meningkatkan kemampuan menulis khususnya analytical exposition text. Peneliti menggunakan four corners strategi. Merupakan sebuah strategi pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk memutuskan suatu masalah dan pertanyaan. Masalah penelitian ini adalah : (1) Apakah Strategi four corners efektif untuk pembelajaran menulis analytical exposition text di SMA/MA? (2) Apakah ada perbedaan skor yang signifikan antara kemampuan menulis analytical exposition text pada siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan strategi four corners di SMA/MA? Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Untuk mengetahui apakah strategi four corners efektif atau tidak untuk pembelajaran menulis teks analytical exposition text di SMA/MA. (2) Untuk menemukan apakah ada perbedaan skor yang signifikan dari kemampuan menulis analytical exposition text pada siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi four corners di SMA/MA. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan design pre-eksperimental yang menandakan bahwa subjek penelitian ini terdiri dari satu group pre-test post-test. Penelitian itu diselenggarakan mulai tanggal 1 september 2021 – 5 september 2021. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI MA Bahrul Ulum Kepohbaru Bojonegoro terdiri dari 40 siswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 20 siswa. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekhnik purposive sampling. Analisis data yang ada menunjukkan bahwa data yang didapatkan oleh peneliti termasuk kedalam non-parametik data setelah uji normalitas dan homogenitas. Peneliti menggunakan SPSS 16.0 untuk mengolah data. Hasil dari penelitian ini adalah T-test = 26.486 , df=19, p-value (2-tailed)= 0.000. Dari 0.000 lebih kecil dari level signifikan 0.05, jadi Ho ditolak dan otomatis Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sebelum dan sesudah menerapkan four corners strategi dalam pengajaran menulis khususnya di analytical exposition text.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S1 12203173120 PUTRI MEGAWATI
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:40
Last Modified: 22 Aug 2022 01:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29168

Actions (login required)

View Item View Item