Analisis Penalaran Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X-A di MA Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun 2013/2014 Materi Jarak dalam Ruang Dimensi Tiga

Putriana, Dewi, Nurin (2014) Analisis Penalaran Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X-A di MA Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun 2013/2014 Materi Jarak dalam Ruang Dimensi Tiga. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN INTI.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Panalaran, Gaya Belajar Siswa, Jarak dalam Ruang Dimensi Tiga Peserta didik pada kenyataannya terdiri dari individu-individu yang berbeda-beda, kemampuan memahami materi yang disampaikanpun bermacam-macam. Hal ini dikarenakan setiap peserta didik memiliki cara atau yang disebut gaya belajar yang berbeda dalam menyerap dan menerima informasi. Adanya perbedaan ini nantinya juga akan berpengaruh pada saat peserta didik akan menyelesaikan permasalahan atau menjawab soal terkait materi yang telah disampaikan. Dalam menyelesaikan atau menjawab soal menggunakan penalaran sebagai awal dari serangkaian proses yang akan dilakukan. Penalaran tidak akan dapat terpisahkan dari proses perfikir yang dilakukan oleh manusia. Proses belajar dan mengajar tidak bisa mencapai tujuan yang ingin dicapai jika hanya memperhatikan salah satu proses, selain guru yang mengajar harus kompeten dibidangnya juga harus memerhatikan peserta didik yang belajar. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penalaran siswa kelas X-A dengan gaya belajar audio pada MA Darul Huda Wonodadi Blitar, (2) Bagaimana penalaran siswa kelas X-A dengan gaya belajar visual pada MA Darul Huda Wonodadi Blitar, (3) Bagaimana penalaran siswa kelas X-A dengan gaya belajar kinestetik pada MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan di dalam penelitian ini diantaranya: (1) Observasi digunakan untuk mengetahui proses kegiatan belajar siswa, (2) Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran peserta didik sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki, (3) Wawancara dilaksanakan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan penalaran peserta didik sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki. Hasil penelitian: (1) Siswa kelas X-A di MA Darul Huda dengan gaya belajar audio memiliki kemampuan amat baik, yaitu dengan nilai rata-rata tes formatif yang didapat 90 dan penalaran yang digunakan termasuk dalam jenis penalaran induktif tapi sudah sedikit mengarah pada jenis penalaran deduktif yang sederhana. Penalaran yang dilakukan sudah mengarah dengan tepat dan ditemukan ada peserta didik yang memenuhi empat indikator penalaran yang ada, (2) Siswa kelas X-A di MA Darul Huda dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan baik, yaitu dengan nilai rata-rata tes formatif yang didapat 87 dan xiv penalaran yang digunakan termasuk dalam jenis penalaran induktif tapi sudah sedikit mengarah pada jenis penalaran deduktif yang sederhana. Penalaran yang dilakukan sudah mengarah dengan tepat dan dari empat indikator penalaran sudah hampir semuanya terpenuhi, (3) Siswa kelas X-A di MA Darul Huda dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan cukup baik, yaitu dengan nilai tes formatif yang didapat 82 dan penalaran yang digunakan termasuk dalam jenis penalaran induktif tapi belum terlihat adanya penalaran yang mengarah pada jenis penalaran deduktif. Penalaran yang dilakukan sudah mengarah dengan tepat dan dari empat indikator penalaran tiga diantaranya sudah terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2014 02:50
Last Modified: 03 Dec 2014 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item