PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK KELAS VIII DI MTS SUNAN KALIJOGO REJOSARI

JAYUS SAYRIFUDDIN, 12208183040 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK KELAS VIII DI MTS SUNAN KALIJOGO REJOSARI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER (DLL).pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK (3 JENIS BAHASA).pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (DLL).pdf

Download (53kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Pelaksanan belajar mengajar selama masa Pademi COVID-19 melatar belakangi penelitian dan pengembangan ini. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) maupun pertemuan tatap muka (PTM) dinilai kurang efektif karena keterbatasan bahan ajar yang digunakan dan keterbatasan interaksi. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan pendidik mata pelajaran IPA, banyak kendala yang dialami pendidik dalam mengajar pada sistem daring dan luring di MTs Sunan Kalijogo Rejosari yaitu keaktifan menurun, terkendala sinyal, media yang digunakan terbatas, dan pengurangan jam pembelajaran pada pembelajaran luring. Juga didapatkan data pada angket kebutuhan pesert didik, bahwa faktor utamanya adalah media yang digunakan masih belum memenuhi apa yang dibutuhkan oleh peserta didik. Akibatnya berpengaruh terhadap pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan sebuah media pembelajaran baru yang menarik dan kreatif salah satunya adalah media video animasi yang dapat diterapkan pada mata pelajaran IPA. Video animasi merupakan salah satu media animasi yang dapat membantu pendidik dalam meyampaikan materi yang sulit dijelaskan. Video animasi memiliki kelebihan bisa diterapkan pada pembelajaran luring maupun daring, terdapat komponen didalamnya yaitu gambar, materi, video, animasi, dan backsound. Sehingga dapat membuat peserta didik termotivasi dan semangat belajar Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan proses pengembangan video animasi pada materi sistem pernapasan manusia untuk kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Rejosari (2) Mendeskripsikan kelayakan pengembangan video animasi pada materi sistem pernapasan manusia untuk kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Rejosari, dan (3) mendeskripsikan efektivitas pengembangan video animasi pada materi sistem pernapasan manusia untuk kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Model Borg and Gall ini terdiri dari 7 tahapan yang dimodifikasi yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji coba lapangan pemulaan, revisi produk, uji coba lapangan, dan revisi produk hasil uji lapangan. Adapun populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII, sedangkan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII A. Desain uji coba dalam penelitian ini adalah desain Pre-Eskperimental Design dengan bentuk One-Group Pretets dan Posttest. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan tes. Jenis data yang digunakan ada dua yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif berua nilai tes kemudian dianalisis menggunakan uji-t berpasangan dan N-gain score untuk mengetahui tingkat efektivitas produk. Hasil penelitian ini diperoleh : (1) proses pengembangan dimulai dari proses perencanaan yang berisi pembuatan Storyboard dan skrip video animasi, kemudian proses pengembangan video animasi yang di mana pada proses ini semua komponen (bahan-bahan video animasi dan aplikasi POWTOON) akan masuk ke proses editing dan mixing. (2) hasil validasi ahli materi yaitu 100% (sangat layak dan tidak perlu revisi), ahli media yaitu 75% (layak dengan revisi kecil), validasi guru mata pembelajaran IPA Adalah 98% (sangat layak dan tidak revisi) dan hasil dari respon peserta didik adalah 89% (sangat layak dan tidak ada revisi). (3) Hasil belajar yang diperoleh rata-rata nilai Post-test kelas eksperimen dan kontrol adalah 83 dan 62, selanjutnya dianalisis IBM SPSS Statistic 20 dengan uji-T diperoleh signifikan 0,000 < 0,005, ada perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik. Uji N- Gain nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen dan kontrol adalah 56% (cukup efekti) sedangkan kelas kontrol adalah 16,76% termasuk dalam kategori (tidak efektif). Kesimpulanya bahwa pengembangan media video animasi materi sistem pernapasan manusia untuk kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Rejosari cukup efektif sebagai media belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183040 JAYUS SYARIFUDDIN
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:33
Last Modified: 11 Aug 2022 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29348

Actions (login required)

View Item View Item