SANDOYO, 12201183081 (2022) PERAN GURU PAI SEBAGAI MEDIATOR DAN KOMUNIKATOR DALAM MENINGKATKAN TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI SMAN 01 GONDANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER SAN.pdf Download (744kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACK.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI SAN.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I SAN.pdf Download (141kB) | Preview |
|
Text
BAB II SAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
Text
BAB III SAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
Text
BAB IV SAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
Text
BAB V SAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
Text
BAB VI SAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI Sebagai Mediator dan Komuikator Dalam Meningkatkan Toleransi Antar Umat Beragama Di SMAN 01 Gondang” ini ditulis oleh Sandoyo, NIM. 12201183081, pembimbing Ikfi Khoulita, M. Pd. I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis tentang bagaiman tingkat toleransi beragama di sebuah lembaga pendidikan SMA, serta peran apa yang dilakukan oleh guru dalam menjaga toleransi tersebut, dari keingintahuan ini penulis menemukan dimana dalam lembaga SMA ini siswa yang diterima tidak hanya beragama Islam tapi jugan nonislam (agama lain), dari sini penulis tertarik untuk meneliti seberapa baik toleransi antar umat beragama di SMAN 1 Gondang ini serta peran yang dilakukan guru Agama Islam dalam meningkatkan toleransi tersebut. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru PAI sebagai mediator dalam meningkatkan toleranai antar umat beragama di SMAN 1 Gondang. (2) Bagaimana peran guru PAI sebagai fasilitator dalam meningkatkan toleransi antar umat beragama di SMAN 1 Gondang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak di SMAN 1 Gondang. Sumberdatanya di dapat dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang masa pengamatan, meningkatkan kecermatan dalam penelitian, dan triangulasi Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) toleransi beragama di SMAN 1 Gondang sudah sangat baik itu bisa dilihat dari tidak pernah adanya konflik atau masalah yang terjadi karena perbedaan agama selama 17 tahun ini. (2) Peran guru PAI sebagai mediator dalam meningkatkan toleransi antar umat beragama di SMAN 1 Gondang dilakukan dengan memberikan cerita-cerita yang bertema indahnya toleransi yang diselipkan di hampir setiap materi yang disampaikan. (3) Peran guru PAI sebagai komunikator dalam meningkatkan toleransi antar umat beragama di SMAN 1 Gondang dilakukan dengan menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan guru dan antar siswa agar tercipta kedekatan, keterbukaan, dan kepercayaan antara siswa antar siswa dan guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sandoyo Aji |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 01:55 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 01:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29385 |
Actions (login required)
View Item |