PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 5 MIN 4 TULUNGAGUNG

BADI' ISYAROTUN NAFI'AH, 12205183325 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 5 MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (652kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 5 MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Badi’ Isyarotun Nafi’ah, NIM. 12205183325, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing Uswatun Hasanah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci : Media Google Classroom, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi volume balok dan volume kubus. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 4 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian pertama yaitu kelas 5A yang berjumlah 21 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan media Google Classroom. Sampel yang kedua yaitu kelas 5B yang berjumlah 20 siswa untuk kelas kontrol dengan menggunakan media konvesional. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Tes, 2) Dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji-t dan uji n-gain.Perolehan nilai rata-rata pretests kelas eksperimen yaitu 79.00 dan rata-rata pretests kelas kontrol yaitu 71.50. Sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 92.00 dan rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 83.50. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,002, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima karena 0,002 < 0,05, Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Google Classroom terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil perhitungan Uji N-Gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 71,5686 atau 71,6 % termasuk dalam kategori cukup efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183325 BADI' ISYAROTUN NAFI'AH
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:56
Last Modified: 18 Aug 2022 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29591

Actions (login required)

View Item View Item