STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENERAPKAN METODE YADAIN UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN JUZ AMMA PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NIDHOM BRANGGAHAN KEDIRI

ICHSANU AQIEL SYAROFIE, 12205183101 (2022) STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENERAPKAN METODE YADAIN UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN JUZ AMMA PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NIDHOM BRANGGAHAN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Strategi Guru Tahfidz Dalam Menerapkan Metode Yadainn Untuk Mengingkatkan Hafalan Juz Amma Pada Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah An-Nidhom" ini ditulis oleh Ichsanu Aqiel Syarofie, NIM. 12205183101, Pembimbing Dr. Luluk 'Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Metode Yadain. Penelitian ini didasarkan pada konteks fenomena di lapangan penelitian yaitu penggunaan metode hafalan yang unik dengan menggunakan dua tangan yang dikenal dengan sebutan metode yadain. Metode yadain ini digunakan untuk mempermudah siswa dalam menghafalkan juz amma. Melihat hal tersebut tentu dalam pelakasanaannya diperlukan strategi guru yang tepat agar pembelajaran tahfidz bisa berjalan secara efektif. Metode ini diterapkan oleh salah satu guru di MI An Nidhom Branggahan, Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penerapan metode yadain untuk meningkatkan hafalan juz amma pada siswa di MI An-Nidhom Branggahan Kediri. Penelitian ini berfokus pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi guru dalam menerapkan metode yadain untuk meningkatkan hafalan juz amma pada siswa di MI An-Nidhom Branggahan Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian ini adalah MI An-Nidhom Branggahan Kediri. Sumber data diperoleh melalui wawancara kepada guru tahfidz, kepala sekolah dan waka kurikulum, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data berupa wawancara semiterstruktur, Observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data berupa uji kredibilitas, pengujian transferability, pengujian dependability, dan pengujuan confirmability. Hasil penelitian. Pertama, perencanaan guru dalam menerapkan metode yadain yaitu terdapat dua perencanaan yaitu perencanaan madrasah dan perencanaan guru. Perencanaan madrasah terdiri dari kurikulum tahfidz di MI An Nidhom, Mushaf yang digunakan, dan pembelajaran tahsin. Sedangkan perencanaan gurunya yaitu mengonsep kegiatan pembelajaran di kelas, menentukan model pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran, menentukan metode-metode tahfidz yang mendukung metode yadain, melakukan evaluasi tahfidz. Kedua, pelaksanaan guru dalam menerapkan metode yadain yaitu pembelajaran diawali dengan berdoa, membaca asmaul husna beserta dengan artinya, kemudian dilanjutkan dengan muroja’ah. Selanjutnya menambahkan ayat yang dihafal, dilanjutkan dengan mengulang-ulang bacaan yang dihafalkan, dan setoran ayat jika sudah mencapai jumlah ayat yang ditetapkan oleh guru tahfidznya. Semua ini dilakukan dengan cara metode yadain akan tetapi pada saat setoran tidak ditekankan untuk memakai. Ketiga, Evaluasi guru dalam menerapkan pembelajaran tahfidz metode yadain yaitu berupa setoran, baik itu setoran target, ujian surat, ujian seperempat juz, ujian setengah juz dan ujian akhir tahfidz pada saat wisuda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183101 Ichsanu Aqiel Syarofie
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:34
Last Modified: 18 Aug 2022 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29663

Actions (login required)

View Item View Item