PENGARUH KOMBINASI PEMBELAJARAN MODEL NHT DAN STAD TEHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK MATERI TATA SURYA KELAS VII SMPN 3 NGIMBANG LAMONGAN

RIFATUN NAFRIDYA, 12211183040 (2022) PENGARUH KOMBINASI PEMBELAJARAN MODEL NHT DAN STAD TEHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK MATERI TATA SURYA KELAS VII SMPN 3 NGIMBANG LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh proses usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Karena itu dibutuhkan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran. Namun, saat ini masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran khusunya mata pelajaran IPA Fisika. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat diharapkan dapat membantu terwujudnya pembelajaran yang baik sehingga dapat meraih motivasi dan hasil belajar yang optimal. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat meraih motivasi dan hasil belajar yang optimal adalah kombinasi pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dan STAD (Student Teams Achievement Divisions). Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh kombinasi pembelajaran model NHT dan STAD tehadap motivasi belajar fisika peserta didik materi tata surya kelas VII SMPN 3 Ngimbang Lamongan. (2) Untuk mengetahui pengaruh kombinasi pembelajaran model NHT dan STAD tehadap hasil belajar fisika peserta didik materi tata surya kelas VII SMPN 3 Ngimbang Lamongan. (3) Untuk mengetahui pengaruh kombinasi pembelajaran model NHT dan STAD tehadap motivasi dan hasil belajar fisika peserta didik materi tata surya kelas VII SMPN 3 Ngimbang Lamongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 gimbang. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-B sebagai kelas eksperimen (menggunakan kombinasi pembelajaran HT dan STAD) dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran STAD). Adapun teknik pengumpulan data adalah yang digunakan peneliti ini adalah: 1) Dokumentasi, 2) Tes, 3) Angket. Analisi data yang digunakan ada tiga uji yaitu: 1) uji instrumen (uji validitas dan uji realibilitas), 2) uji prasyarat (uji normalitas & homogenitas), 3) (uji hipotesis uji-t dan uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh kombinasi pembelajaran model NHT dan STAD tehadap motivasi belajar fisika peserta didik materi tata surya kelas VII SMPN 3 Ngimbang dengan perolehan hasil uji-T menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menyatakan Ha diterima, 2) terdapat pengaruh kombinasi pembelajaran model NHT dan STAD tehadap hasil belajar fisika peserta didik materi tata surya kelas VII SMPN 3 Ngimbang dengan perolehan hasil uji-T menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menyatakan Ha diterima, 3) terdapat pengaruh kombinasi pembelajaran model NHT dan STAD tehadap motivasi belajar fisika peserta didik materi tata surya kelas VII SMPN 3 Ngimbang dengan perolehan nilai multivariate test dan between subject ef ects menujukkan menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menyatakan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183040 Rifatun
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:52
Last Modified: 22 Aug 2022 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29701

Actions (login required)

View Item View Item