PENGARUH METODE INQUIRY DAN METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI MI SE-KECAMATAN NGUNUT, TULUNGAGUNG

TITIN ERVIANA AYU NENI, 2845134046 (2015) PENGARUH METODE INQUIRY DAN METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI MI SE-KECAMATAN NGUNUT, TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (207kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis yang berjudul “Pengaruh Metode Inquiry dan Metode Drill Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III di MI Se-Kecamatan Ngunut, Tulungagung” ini ditulis oleh Titin Erviana Ayu Neni dengan pembimbing Dr. Teguh, M.Ag dan Dr. Agus Eko Sujianto, SE, MM Kata kunci: Metode Inquiry, Metode Drill, Prestasi Belajar Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran matematika hanya mentransfer apa yang dipunyai guru kepada siswa dalam wujud pelimpahan fakta matematis, bahkan sering dalam menanamkan konsep hanya menekankan bahwa konsep tersebut sebagai suatu aturan yang harus dihafal tidak perlu tahu dari mana asal-usulnya, guru lebih sering mendominasi kelas dan menjadi sumber utama pengetahuan, serta kurangnya pelatihan soal yang diberikan oleh guru. Ada berbagai metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika diantaranya adalah metode inquiry dan metode drill. Dengan menggunakan metode inquiry siswa dimotivasi untuk aktif berpikir, mendorong siswa lebih banyak belajar sendiri, dan mengembangkan kreativitas dalam memecahkan masalah. Sedangkan dengan menggunakan metode drill dianggap cara yang cocok untuk menanamkan konsep baru. Oleh karena itu, hal tersebut menarik untuk diteliti dan dibuktikan besarnya pengaruh metode inquiry dan metode drill terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa. Untuk mengetahui hal diatas, peneliti merumuskan beberapa masalah sebagai berikut: 1) Apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas III di MI se-Kecamatan Ngunut sebelum dilakukan treatment menggunakan metode inqury dan dan drill? 2) Apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas III di MI se-Kecamatan Ngunut setelah dilakukan treatment menggunakan metode inqury dan drill? 3) Apakah metode inqury dan drill berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas III di MI se-Kecamatan Ngunut? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menguji perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas III di MI se-Kecamatan Ngunut sebelum dilakukan treatment menggunakan metode inqury dan dan drill 2) Untuk menguji perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas III di MI se-Kecamatan Ngunut setelah dilakukan treatment menggunakan metode inqury dan drill 3) untuk mengetahui pengaruh inqury dan drill terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas III di MI se-Kecamatan Ngunut Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data: 1) Observasi; 2) dokumentasi; 3) Tes. Kemudian data diuji prasyarat dengan validitas, reliabilitas, normalitas, dan homogenitas. Selanjutnya hipotesis diuji dengan menggunakan uji t yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas III di MI se-Kecamatan Ngunut sebelum dilakukan treatment menggunakan metode inquiry dan drill Dari uji statistik Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai thitung < ttabel (-0,011 < 1,986) maka H0 diterima. 2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas III di MI se-Kecamatan Ngunut setelah dilakukan treatment menggunakan metode inquiry dan drill Dari uji statistik Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (2,242 > 1,986) maka H0 ditolak. 3) Ada pengaruh metode inquiry dan drill terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas III di MI se-Kecamatan Ngunut. Hal tersebut ditunjukkan dengan pada taraf 5% nilai -t hitung > -t tabel (-9,962 < -2,021) maka H0 ditolak

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 2845134046 TITIN ERVIANA AYU NENI
Date Deposited: 04 Jan 2016 03:29
Last Modified: 04 Jan 2016 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2976

Actions (login required)

View Item View Item