STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI MTs ABDUL QADIR JATI PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG

RATNA KHUNAIFAH AZZAHRO’, 12201183365 (2022) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI MTs ABDUL QADIR JATI PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Di Mts Abdul Qadir Jati Pandansari Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Ratna Khunaifah Azzahro’, NIM. 12201183365, selaku mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Strategi / Pendidikan Karakter Konteks penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan karakter dari berbagai pihak baik dari orangtua, lingkungan masyarakat dan lembaga pendidikan supaya terbentuknya individu yang bermoral dan berakhlak baik. Melihat fenomena tersebut maka perlu adanya penanganan melalui penanaman pendidikan karakter. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah startegi guru akidah akhlak dalam menanamkan pendidikan karakter baik dalam jam pembelajaran maupun melalui kegiatan sekolah. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana startegi guru akidah akhlak dalam menanamkan pendidikan karakter religius pada peserta didik MTs Abdul Qadir Jati Pandansari Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana startegi guru akidah akhlak dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin pada peserta didik MTs Abdul Qadir Jati Pandansari Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana startegi guru akidah akhlak dalam menanamkan pendidikan karakter tanggung jawab pada peserta didik MTs Abdul Qadir Jati Pandansari Ngunut Tulungagung? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan penelitian jenis deskriptif. Penelitian dilakukan MTs Abdul Qadir Jati Pandansari Ngunut Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua macam sumber data yakni sumber data utama (primer), dan sumber data tambahan (sekunder). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, metode observasi partisipan, dan metode studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanpeneliti menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan, tringulasi (sumber, teknik dan waktu) Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pertama strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan pendidikan karakter religius sebagai berikut: a) pembiasaan melaksanakan shalat dhuha berjama’ah, b) sholat dhuhur berjama’ah, c) membaca Al-Qur’an sebelum jam pembelajaran, d) ngaji kitab kuning e) kajian Islami, f) pengamalan Yasin dan Tahlil setiap hari jum’at, g) berdiskusi saling bertukar pikiran. Kedua, strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin sebagai berikut: a) mengajarkan kedisplinan menjalankan syariat agama dalam kehidupan sehari-hari seperti sholat dan menjauhi laranganNya, b) kedisiplinan tata tertib dan perlengkapan atribut sekolah, c) mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan jika terlambat akan ada konsekuensi, d) duduk rapi berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran. Ketiga, strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan pendidikan karakter tanggungjawab sebagai berikut: a) mengajarkan tanggungjawab dalam membersihkan kelas, b) menyelesaikan tugas yang diberikan guru baik didalam kelas maupun dikerjakan di rumah, c) memberikan pemahaman kepada peserta didik untuk sadar diri dengan tugas-tugasnya sebagai peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183365 RATNA KHUNAIFAH AZZAHRO’
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:13
Last Modified: 24 Aug 2022 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29850

Actions (login required)

View Item View Item