IRMA ANGGRAEINI, 12201183361 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (864kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (627kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (358kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (462kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (870kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul „‟Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung‟‟ ini ditulis oleh Irma Anggraeini, NIM 12201183361, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, GPAI, Sikap Toleransi Indonesia sebuah bangsa yang majemuk, kemajemukannya tersebut antara lain ditandai dengan berbagai perbedaan. Sehingga sikap toleransi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak fenomena sikap inoleransi yang terjadi antar sesama siswa di lingkungan sekolah, seperti kasus orang lain, memecahkan masalah tanpa melalui musyawarah, tidak mau berteman dengan teman yang berbeda agama, ras, dan juga suku. hal itu menunjukkan masih rendahnya sikap toleransi dan perlu untuk ditumbuh kembangkan. Dalam hal ini Guru PAI berperan penting untuk menumbuhkan sikap toleransi kepada siswa melalui strategi-strategi yang sudah di rencanakan untuk mempersiapkan dan membentuk peserta didik menjadi generasi yang baik dan bisa menghargai antar sesame. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan agama pada siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana stretagi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan pendapat pada siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan budaya dalam berpakaian pada siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan peneliti dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan agama pada siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan pendapat pada siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan budaya dalam berpakaian pada siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data di dapatkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui reduksi data, penyajian data dan verivikasi data, pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan dan trigulasi sumber juga trigulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan agama pada siswa meliputi strategi didalam kelas dan strategi diluar kelas. Strategi didalam kelas seperti menanamkan pendidikan karakter dengan menyisipkan materi toleransi dalam KBM, membagi kelompok belajar heterogen, pemanfaatan sumber belajar yang ada di perpustakaan. Sedangkan stretagi diluar kelas yaitu pembiasaan 3S dan jabat tangan kepada seluruh warga sekolah tanpa melihat latar belakannya, metode keteladanan, mengikutsertakan siswa non muslimdalam kegiatan qurban dan pondok romadhon sebagai panitian dan mengaakan kegiatan jumat infaq (2) Straegi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan pendapat pada siswa di antaranya: membiasakan siswa untuk melakukan musyawarah, memberikan keteladanan secara langsung kepada siswa, memberikan nasehat, dan memberikan gambaran atau contoh-contoh konkrit tentang sikap menghargai perbedaan pendapat(3) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan budaya dalam berpakaian pada siswa diantaranya: sedikit banyak selalu meyelipkan materi toleransi dalam pembelajaran, melakukan pembinaan dan pendekatan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183361 IRMA ANGGRAEINI |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 02:46 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 02:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29882 |
Actions (login required)
View Item |