YOGA FEBRIAN HERDINO, 12205183193 (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di MI Miftahul Huda Banjarejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Yoga Febrian Herdino, NIM. 12205183193, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, IPA Dalam proses kegiatan belajar mengajar motivasi belajar siswa dapat menentukan keberhasilan suatu pembelajaran, tetapi tidak semua siswa memiliki motivasi yang sama dalam pembelajaran IPA, untuk itu peran seorang guru sangatlah penting dan dibutuhkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sesuai dengan kasus yang terjadi di MI Miftahul Huda Banjarejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung masih terdapat siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran IPA. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terkait peran guru sebagai pendidik, motivator dan evaluator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Huda Desa Banjarejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung? 2. Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Huda Desa Banjarejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung? 3. Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Huda Desa Banjarejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskritif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Peran guru sebagai pendidik: a. Seorang guru mengajarkan berbagai ilmu yang bermanfaat. b. Peran guru terlibat langsung dalam proses pembelajaran. c. Guru di tuntut memiliki sikap, teladan, sehingga dapat membentuk pribadi siswa memiliki budi pakerti yang baik. d. Sebagai pendidik memiliki berbagai macam motode dan strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. e. Dengan program Pendidikan yang seuai, guru dapat mewujudkan peserta didik yang berkualitas. 2. Peran guru sebagai motivator: a. Guru memotivasi siswa untuk mendorong semangat belajar. b. Peran guru memiliki hubungan erat dalam pelaksanaann pembelajaran. c. Dalam memotivasi siswa, guru memiliki strategi yang berbeda-beda sesuai karakteristik anak. d. Siswa yang berprestasi guru biasanya memberi hadiah / reward yang mana dapat meningkatkan motivasi anak saat pembelajaran. e. Kendala dalam memotivasi siswa yaitu waktu pembelajaran IPA siswa merasa kesulitan, dan tugas guru dalam startegi metode pembelajaran harus menggunakan metode pembeajaran yang mudah dipahami oleh siswanya. 3. Peran guru sebagai evaluator: a. Guru memiliki tugas untuk menilai dan mengamati perkembangan prestasi belajar peserta didik b. Guru memberikan Penilaian, memberi evaluasi sesuai standarnya c. Guru sebagai evaluator berperan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan. d. Guru berkewajiban mengawasi, memantau proses belajar siswa dan hasil-hasil belajar yang dicapainya. e. Guru berkewajiban melakukan upaya perbaikan proses belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183193 Yoga Febrian Herdino |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 08:15 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 08:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29912 |
Actions (login required)
View Item |