HAMBARIK FATIKHATUL HABIBAH, 3214113080 (2015) PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LIMIT BERDASARKAN GENDER PADA SISWA KELAS XI UNGGULAN IPA 1 MAN TULUNGAGUNG 1 TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]
|
Text
Halaman Sampul dalam (judul).pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pusataka.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fatikhatul H, Hambarik. 2015. Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Terkait Soal Limit Berdasarkan Gender Pada Siswa Kelas XI Unggulan IPA 1 MAN Tulungagung 1 Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Sutopo, M.Pd Kata Kunci: Proses Berpikir, Gender. Proses berpikir sangat berperan penting dalam menyelesaikan masalah matematika. Setiap orang terutama laki-laki dan perempuan mempunyai proses berpikir yang berbeda-beda dimulai dari derajat terendah sampai tertinggi. Sekarang ini zaman semakin maju dan setiap orang dituntut untuk bisa lebih sensitif, aktif, dan mandiri untuk bisa bertahan di dalamnya. Karena itulah, untuk bisa bersaing mengikuti perkembangan zaman yang penuh dengan tantangan seperti saat ini diharapkan setiap orang khususnya peserta didik memiliki kemampuan berpikir yang terlatih. Proses berpikir peserta didik dapat dilatih melalui pemberian masalah dalam bentuk soal yang bervariasi terutama dalam hal ini adalah matematika. Berpikir dalam matematika merupakan proses mental yang melibatkan pengetahuan, keterampilan bernalar, dan karakter intelektual bernalar untuk memecahkan masalah matematika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses berpikir siswa laki-laki dalam memecahkan masalah imit dan bagaimana proses berpikir siswa perempuan dalam memecahkan masalah imit, dalam penelitian ini menggunakan indikator dari masing-masing jenis proses berpikir yang dukemukakan oleh Zuhri (konseptual, semi konseptual, dan komputasional). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses berpikir siswa laki-laki dalam memecahkan masalah limit dan untuk mendiskripsikan bagaimana proses berpikir siswa perempuan dalam memecahkan masalah limit. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah terkait soal limit berdasarkan gender pada siswa kelas XI unggulan IPA 1 MAN Tulungagung 1. Prosedur pengumpulan data terdiri dari observasi, tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI unggulan IPA 1 MAN Tulungagung 1 tahun ajaran 2014/ 2015. Proses berpikir siswa kelas XI unggulan IPA 1 MAN Tulungagung 1 dalam menyelesaikan masalah terkait soal limit terdapat berbagai macam jenis proses berpikir yakni konseptual, semi konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berjenis kelamin perempuan dalam memecahkan masalah limit memiliki jenis proses berpikir konseptual dan siswa berjenis kelamin laki-laki dalam memecahkan masalah limit memiliki jenis proses berpikir konseptual, semi konseptual, komputasional.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 3214113080 HAMBARIK FATIKHATUL HABIBAH |
Date Deposited: | 17 Dec 2015 04:40 |
Last Modified: | 17 Dec 2015 04:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3002 |
Actions (login required)
View Item |