PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LIMIT BERDASARKAN GENDER PADA SISWA KELAS XI UNGGULAN IPA 1 MAN TULUNGAGUNG 1 TAHUN AJARAN 2014/2015

HAMBARIK FATIKHATUL HABIBAH, 3214113080 (2015) PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LIMIT BERDASARKAN GENDER PADA SISWA KELAS XI UNGGULAN IPA 1 MAN TULUNGAGUNG 1 TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Halaman Sampul dalam (judul).pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pusataka.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fatikhatul H, Hambarik. 2015. Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Terkait Soal Limit Berdasarkan Gender Pada Siswa Kelas XI Unggulan IPA 1 MAN Tulungagung 1 Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Sutopo, M.Pd Kata Kunci: Proses Berpikir, Gender. Proses berpikir sangat berperan penting dalam menyelesaikan masalah matematika. Setiap orang terutama laki-laki dan perempuan mempunyai proses berpikir yang berbeda-beda dimulai dari derajat terendah sampai tertinggi. Sekarang ini zaman semakin maju dan setiap orang dituntut untuk bisa lebih sensitif, aktif, dan mandiri untuk bisa bertahan di dalamnya. Karena itulah, untuk bisa bersaing mengikuti perkembangan zaman yang penuh dengan tantangan seperti saat ini diharapkan setiap orang khususnya peserta didik memiliki kemampuan berpikir yang terlatih. Proses berpikir peserta didik dapat dilatih melalui pemberian masalah dalam bentuk soal yang bervariasi terutama dalam hal ini adalah matematika. Berpikir dalam matematika merupakan proses mental yang melibatkan pengetahuan, keterampilan bernalar, dan karakter intelektual bernalar untuk memecahkan masalah matematika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses berpikir siswa laki-laki dalam memecahkan masalah imit dan bagaimana proses berpikir siswa perempuan dalam memecahkan masalah imit, dalam penelitian ini menggunakan indikator dari masing-masing jenis proses berpikir yang dukemukakan oleh Zuhri (konseptual, semi konseptual, dan komputasional). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses berpikir siswa laki-laki dalam memecahkan masalah limit dan untuk mendiskripsikan bagaimana proses berpikir siswa perempuan dalam memecahkan masalah limit. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah terkait soal limit berdasarkan gender pada siswa kelas XI unggulan IPA 1 MAN Tulungagung 1. Prosedur pengumpulan data terdiri dari observasi, tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI unggulan IPA 1 MAN Tulungagung 1 tahun ajaran 2014/ 2015. Proses berpikir siswa kelas XI unggulan IPA 1 MAN Tulungagung 1 dalam menyelesaikan masalah terkait soal limit terdapat berbagai macam jenis proses berpikir yakni konseptual, semi konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berjenis kelamin perempuan dalam memecahkan masalah limit memiliki jenis proses berpikir konseptual dan siswa berjenis kelamin laki-laki dalam memecahkan masalah limit memiliki jenis proses berpikir konseptual, semi konseptual, komputasional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214113080 HAMBARIK FATIKHATUL HABIBAH
Date Deposited: 17 Dec 2015 04:40
Last Modified: 17 Dec 2015 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3002

Actions (login required)

View Item View Item