SHINTA IRINE ANY KUSUMA WARDANI, 12212183054 (2022) PENGEMBANGAN E-BOOK PENGETAHUAN FENOMENA KIMIA DALAM KEHIDUPAN TERINTEGRASI NILAI KARAKTER SEBAGAI SUMBER LITERASI SAINS SISWA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (970kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (492kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (365kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi berjudul “Pengembangan E-Book Pengetahuan Fenomena Kimia dalam Kehidupan Terintegrasi Nilai Karakter sebagai Sumber Literasi Sains Siswa” ini disusun oleh Shinta Irine Any Kusuma Wardani, NIM. 12212183054, dengan pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata kunci : E-Book, Fenomena Kimia dalam Kehidupan, Nilai Karakter, Literasi Sains Pengaitan materi kimia dengan keberadaan kimia dalam kehidupan dapat meningkatkan aktivitas, minat, dan motivasi belajar serta melatih kemampuan literasi sains siswa. Literasi sains membantu siswa untuk lebih siap dan mampu menghadapi permasalahan yang dipengaruhi oleh perkembangan sains dan teknologi. Pesatnya perkembangan sains dan teknologi berdampak pada karakter siswa. Disamping berperan dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan siswa pada aspek sains dan teknologi, pendidikan juga menjadi sarana untuk mengajarkan karakter baik kepada siswa. Salah satu upaya mendukung pendidikan karakter adalah dengan mengintegrasikan nilai – nilai karakter ke dalam buku bacaan atau bahan ajar. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu E-Book Pengetahuan Fenomena Kimia dalam Kehidupan Terintegrasi Nilai Karakter sebagai Sumber Literasi Sains Siswa yang dapat menjadi fasilitas belajar secara mandiri maupun kelompok, mengetahui kevalidan e-book berdasarkan uji validitas, dan mengetahui respon siswa terhadap e-book. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D, tahapan – tahapannya meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar wawancara, angket kebutuhan, lembar validasi, dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. E-book yang telah dikembangakan divalidasi oleh tiga validator dari segi materi dan media. Kemudian e-book direvisi sesuai dengan saran dari validator. Selanjutnya, e-book yang telah direvisi diujicobakan pada kelompok kecil untuk mengetahui respon siswa terhadap e-book. E-Book Pengetahuan Fenomena Kimia dalam Kehidupan Terintegrasi Nilai Karakter sebagai Sumber Literasi Sains Siswa yang dikembangkan peneliti memperoleh kriteria sangat valid/layak pada segi materi dengan persentase rata – rata sebesar 82.48%, memperoleh kriteria sangat valid/layak pada segi media dengan persentase rata – rata sebesar 85.33%. Hasil uji coba kelompok kecil mendapat respon positif dari siswa dengan persentase rata – rata sebesar 83.54% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Dengan demikian e-book yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | SKRIPSI 12212183054 SHINTA IRINE ANY KUSUMA WARDANI |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 08:32 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 08:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30257 |
Actions (login required)
View Item |