NURUL FADILLAH, 12204183084 (2022) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII-ICP MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (838kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (717kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (402kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII-ICP MTs Darussalam Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Nurul Fadillah, NIM. 12204183084, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Kepercayaan Diri, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika. Setiap siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah tingkat kepercayaan diri siswa. Kemampuan pemecahan masalah itu sendiri adalah kemampuan yang harus dimiliki siswa untuk menemukan solusi dalam menyelesaikan masalah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi pada materi sistem persamaan linear dua variabel, 2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri sedang pada materi sistem persamaan linear dua variabel, 3) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MTs Darussalam Kademangan Blitar yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII-ICP yang berjumlah 21 siswa. Dari 21 siswa dipilih 6 siswa sebagai subjek yang digolongkan berdasarkan tingkat kepercayaan dirinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, tes, dan wawancara. Kemudian teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Siswa dengan kepercayaan diri tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel yaitu membaca dan berpikir, mengeksplorasi dan merencanakan, menyeleksi suatu strategi, mencari suatu jawaban, dan merefleksi dan memperluas. 2) Siswa dengan kepercayaan diri sedang dapat memenuhi 2 dari 5 indikator kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel yaitu mencari suatu jawaban serta merefleksi dan memperluas. 3) Siswa dengan kepercayaan diri rendah tidak dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183084 Nurul Fadillah |
Date Deposited: | 25 May 2023 01:56 |
Last Modified: | 25 May 2023 01:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30313 |
Actions (login required)
View Item |