KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII-ICP MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR

NURUL FADILLAH, 12204183084 (2022) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII-ICP MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII-ICP MTs Darussalam Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Nurul Fadillah, NIM. 12204183084, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Kepercayaan Diri, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika. Setiap siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah tingkat kepercayaan diri siswa. Kemampuan pemecahan masalah itu sendiri adalah kemampuan yang harus dimiliki siswa untuk menemukan solusi dalam menyelesaikan masalah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi pada materi sistem persamaan linear dua variabel, 2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri sedang pada materi sistem persamaan linear dua variabel, 3) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MTs Darussalam Kademangan Blitar yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII-ICP yang berjumlah 21 siswa. Dari 21 siswa dipilih 6 siswa sebagai subjek yang digolongkan berdasarkan tingkat kepercayaan dirinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, tes, dan wawancara. Kemudian teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Siswa dengan kepercayaan diri tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel yaitu membaca dan berpikir, mengeksplorasi dan merencanakan, menyeleksi suatu strategi, mencari suatu jawaban, dan merefleksi dan memperluas. 2) Siswa dengan kepercayaan diri sedang dapat memenuhi 2 dari 5 indikator kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel yaitu mencari suatu jawaban serta merefleksi dan memperluas. 3) Siswa dengan kepercayaan diri rendah tidak dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183084 Nurul Fadillah
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:41
Last Modified: 21 Sep 2022 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30315

Actions (login required)

View Item View Item