PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

SUCI DEFIKA, 3214113159 (2015) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img] Text
skripsi SUCI DEFIKA hal. depan (PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 20142015).pdf

Download (472kB)
[img]
Preview
Text
skripsi SUCI DEFIKA bab I-V (PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 20142015).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Suci Defika, 3214113159, 2015. Pengaruh Kedisiplinan dan Keaktifan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika SiswaKelas VII MTs Negeri Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Fakultas Tarbiyah, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci : Kedisiplinan, Keaktifan dan Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa kedisiplinan dan keaktifan belajar siswa dapat mempengaruhi tingkahlaku dan proses belajar siswa. Khususnya pada pelajaran matematika, yang terdiri dari kumpulan konsep-konsep, mulai dari yang mendasar hingga kekonsep yang lebih tinggi. Dalam mempelajari matematika harus berurutan dan berkesinambungan, karena matematika merupakan satu kesatuan antara konsep yang satu dengan konsep yang lainnya saling berkaitan. Maka dari itu peran kedisiplinan dan keaktifan belajar merupakan salah salah satu faktor untuk mencapai prestasi yang lebih baik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui diskripsi kedisiplinan, keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo. 2) Untuk mengetahui kedisiplinan belajar belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo. 3) Untuk mengetahui keaktifan belajar belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo. 4) Untuk mengetahui kedisiplinan dan keaktifan secara bersama-sama terhadap belajar belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN Karangrejo. Sebagai sampel diambil 1 kelas yaitu kelas VII-H sebanyak 42 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini digunakan teknik dokumentasi dan angket atau kuisioner. Dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan sekolah, populasi, sampel, profil madrasah dan data-data yang berhubungan dengan penelitian. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang pendapat siswa tentang kedisiplinan dan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Deskripsi dari kedisiplinan belajar dari hasil angket sebesar 69,37%, keaktifan belajar 70,69%, dan prestasi belajar matematika sebesar 83,04%. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear ganda, uji t, uji f dan sumbangan efektif sebelumnya dilakukan uji normalitas, linearitas, dan asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa secara individual dan secara bersama-sama disiplin dan keaktifan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien dari regresi masing-masing bebas bernilai positif, seperti yang terlihatpadapersamaanregresi linear gandasebagaiberikut: 2) Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika berdasarkan uji t diperoleh t hitung> t tabel, yaitu 2,347 > 1,684. 3) Keaktifan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika berdasarkan uji t diperoleh t hitung> t tabel, yaitu 2,699 > 1,684. 4) Disiplin dan Keaktifan belajarsecarabersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Berdasarkan uji F diketahui bahwa Ho ditolak, karena F hitung> F tabel, yaitu 4,127 > 4,08. Variabel disiplin dan keaktifan belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 17,5% sedangkan 82,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidaak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214113159 SUCI DEFIKA
Date Deposited: 17 Dec 2015 06:18
Last Modified: 17 Dec 2015 06:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3038

Actions (login required)

View Item View Item