INTAN KUSUMAWATI, 12208183122 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WEB BASED LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANIPA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII MTs. MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
COVER.pdf Download (766kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (394kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (378kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (426kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (386kB) |
Abstract
Masih banyak guru IPA yang menggunakan metode pembelajaran yang bersifat satu arah dimana guru memberikan materi pembelajaran kepada siswa, dan siswa hanya berperan pasif sebagai penerima materi. Selain dariproses pembelajaran yang berlangsung satu arah, penyampaian materi yang dilakukan oleh sebagian guru tidak dilengkapi dengan media pembelajaran berbasis teknologi. Dalam proses pembelajaran IPA, siswa hanya menggunakan buku IPAdan LKS yang disediakan oleh pihak sekolah. Oleh karena itu, pembelajaran IPA menggunakan web blogdapat dijadikan inovasi pembelajaran saat ini. Pembelajaran Web based learning (pembelajaran berbasis web) adalah media pembelajaran yang digunakan sebagai sumber belajar.Kelebihan Web based learning adalah guru dan siswa dapat berkomunikasi secara mudah melalui fasilitas internet secara regular atau kapan saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan dengan tanpa dibatasi oleh jarak, tempat dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh Media pembelajaran web based learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan kelas VIII MTs. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen, menggunakan desain penelitian quasi eksperimental design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Grup Design. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis web blog bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran materi sistem pernapasan kelas VIII di MTs. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Dimana dapat dilihat pada kelas kontrol dengan rata-rata 66,86 dan kelas eksperimen dengan rata-rata 87,29. Hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan paired samples T-test diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) menunjukkan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, maka hipotesis yang diajukan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran web based learning terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernapasan kelas VIII MTs. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar mengalami peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183122 INTAN KUSUMAWATI |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 04:00 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 04:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30423 |
Available Versions of this Item
-
ENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WEB BASED
LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARANIPA MATERI SISTEM PERNAPASAN
KELAS VIII MTs. MIFTAAHUL ULUUM
SUTOJAYAN BLITAR. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WEB BASED LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANIPA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII MTs. MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR. (deposited 14 Sep 2022 04:00) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |