AYU APRILLIANINGSIH, 12208183138 (2022) HUBUNGAN TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM KELAS X PADA PERTEMUAN TATAP MUKA TERBATAS SISWA SMA NEGERI 1 DURENAN DI MASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (654kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Tingkat Kejenuhan Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Kelas X Pada Pertemuan Tatap Muka Terbatas Siswa SMA Negeri 1 Durenan di Masa Pandemi Covid – 19”ini ditulis oleh Ayu Aprillianingsih, Jurusan Tadris Biologi, NIM. 12208183138, pembimbing Mike Rahayu, S.Pd., M.Sc Kata Kunci : Kejenuhan Belajar, Hasil Belajar, Materi Ekosistem, Pertemuan Tatap Muka Terbatas, Masa Pandemi Covid-19 Wabah Covid-19 yang terjadi di awal tahun 2020 menyebabkan dampak di berbagai bidang salah satunya bidang pendidikan. Dampak dari Covid-19 dibidang pendidikan dilakukannya pembelajan daring (online). Seiring dengan penurunan kasus Covid-19, pembelajaran daring dilaksanakan dengan Blended Learning (pertemuan tatap muka terbatas). Sistem pembelajaran selama pandemi Covid-19 menimbulkan banyak problematika untuk siswa seperti tidak memahami materi, banyak tugas, dan merasa tidak termotivasi untuk belajar sehingga siswa mengalami kejenuhan belajar. Kejenuhan belajar yang dialami siswa tersebut berpotensi mempengaruhi hasil belajar siswa salah satunya pada materi Ekosistem. Oleh karena itu, perlu adanya identifikasi mengenai kejenuhan belajar untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui tingkat kejenuhan belajar dan hasil belajar biologi materi Ekosistem kelas X pada pertemuan tatap muka terbatas SMA Negeri 1 Durenan di masa pandemi Covid–19. (2) Untuk mengetahui hubungan tingkat kejenuhan belajar biologi dengan hasil belajar materi Ekosistem kelas X pada pertemuan tatap muka terbatas siswa SMA Negeri 1 Durenan di masa pandemi Covid–19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah simple random sampling. Subjek penelitian kelas X MIPA yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 dengan jumlah total 72 siswa. Dalam penelitian ini pengumpulan data yang digunakan adalah metode pemberian angket, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas dan uji korelasi menggunakan bantuan SPSS 25 For windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebanyak 6% siswa dalam kategori kejenuhan belajar tinggi, 76% siswa dalam kategori kejenuhan belajar sedang dan 18% siswa dalam kategori rendah. Sedangkan untuk hasil belajar terdapat (29%) siswa yang mencapai KKM dan 71% siswa yang tidak mencapai KKM. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kejenuhan belajar dan hasil belajar siswa kelas X materi Ekosistem SMA Negeri 1 Durenan. Hal ini dibuktikan dari nilai yang diperoleh kejenuhan belajar Sig. (2-tailed) adalah 0,000 <0.05 dan hasil belajar Sig. (2-tailed) adalah 0,000 <0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan nilai pearson corelationnya yaitu -0,765 yang menunjukkan memiliki hubungan negatif dan kuat antara kejenuhan belajar terhadap hasil belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Ekosistem Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | SKRIPSI 12208183138 AYU APRILLIANINGSIH |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 04:30 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 04:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30424 |
Actions (login required)
View Item |