FENI AMEIDA, 12211183036 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII MTsN 9 MAGETAN PADA MATERI TATA SURYA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (934kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (33kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (162kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII MTsN 9 Magetan Pada Materi Tata Surya”, ini ditulis oleh Feni Ameida, NIM 12211183036, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si, M.Pd.Kata Kunci : Jigsaw, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan siswa menganggap pelajaran fisika sebagai mata pelajaran yang sulit serta membosankan yang berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini diperkuat melalui hasil belajar siswa yang diberikan oleh guru, dimana rata-rata nilai Fisika yang didapatkan oleh siswa masih rendah dari KKM. Materi tata surya merupakan salah satu materi dalam pelajaran fisika yang dianggap cukup sulit bagi siswa karena pemahaman siswa pada kompetensi tata surya masih sangat rendah. Model pembelajaran cooperative tipe jigsaw dipilih dan digunakan sebagai alternatif karena model ini mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, memperbaiki kehadiran dan keaktifan siswa serta menambah pemahaman materi sehingga siswa dapat memahami lebih mendalam materi pelajaran yang telah diajarkan oleh gurunya. Sehingga diharapkan dapat menjadikan motivasi dan hasil belajar siswa lebih meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative tipe jigsaw terhadap motivasi belajar Fisika siswa kelas VII MTsN 9 Magetan pada materi tata surya, 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative tipe jigsaw terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas VII MTsN 9 Magetan pada materi tata surya, 3) Mangetahui pengaruh model pembelajarn cooperative tipe jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar Fisika siswa kelas VII MTsN 9 Magetan pada materi tata surya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi dalam pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 9 Magetan tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 90 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII A MTsN 9 Magetan sebagai kelas kontrol dan kelas VII C MTsN 9 Magetan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan tiga uji, yaitu : 1). Uji instrumen (uji validitas, dan uji reliabilitas), 2). Uji prasyarat (uji normalitas, dan uji homogenitas), 3). Uji hipotesis (uji paired t-test (uji t-test sampel berpasangan), dan uji manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative tipe jigsaw terhadap motivasi belajar Fisika siswa kelas VII MTsN 9 Magetan pada materi tata surya. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan xviii nilai signifikansi yaitu 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, 2). Terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative tipe jigsaw terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas VII MTsN 9 Magetan pada materi tata surya. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, 3). Terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative tipe jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar Fisika siswa kelas VII MTsN 9 Magetan pada materi tata surya. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan nilai signifikansinya 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211183036 Feni Ameida |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 03:51 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 03:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30805 |
Actions (login required)
View Item |