RIMA TRISNA ANGGRAINI, 12209173024 (2022) PENGGUNAAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA PADA PELAJARAN IPS DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (954kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (580kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (466kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan E-learning sebagai media Pembelajaran Siswa Pada Pelajaran IPS di MTsN 3 Tulungagung ” ditulis oleh Rima Trisna Anggraini, NIM 12209173024, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, yang dibimbing oleh Dr. Luluk Indarti, M.Pd.I Kata Kunci: Penggunan E-learning, pembelajaran, IPS Perkembangan media pembelajaran semakain beragam. Metode yang digunakan banyak memanfaatkan berbagai media untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Salah satu inovasi pemebelajaran yang dilakukan saat ini adalah E-learning. Penelitian ini dilakukan karena adanya fenomena kebijakan darurat untuk pembelajaran secara online. Pada pelajaran IPS yang cakupannya luas siswa membutuhkan kemampuan guru dalam menerapkan variasi model pembelajaran yang menarik. Sehingga dengan adanya E-learning dapat mempermudah interaksi antara peserta didik, dengan bahan materi yang disampaikan oleh pendidik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana sekolah mendesain E-learning sebagai media pembelajaran siswa pada pelajaran IPS di MTsN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana pengembangan dan penggunaan E-learning sebagai media pembelajaran siswa pada pelajaran IPS di MTsN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana kontribusi penggunan E-learning oleh siswa sebagai media pembelajaran siswa pada pelajaran IPS di MTsN 3 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Langkah mendesain E-learning sebagai media pembelajaran siswa yaitu dengan perangkat pengelolaan E-learning, manajemen madrasah dalam penggunaan E-learning guna untuk memudahkan dalam memvirtualisasikan kegiatan pembelajaran online (2) pengembangan E-learning sat ini sudah versi 3.0 dengan data base hosting dan penggunaan E-learning oleh guru sudah baik dan lengkap mulai dnegan login, absen, penugasan, penilaian, pemantauaan siswa. (3) Kontribusi penggunaan E-learning oleh siswa yaitu siswa dapat memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin dalam penugasan, siswa dapat memperluas dalam mencari berbagai referensi materi, dari segi pengetahuan teknologi siswa dapat mengaplikasikannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209173024 RIMA TRISNA ANGGRAINI |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 06:05 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 06:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30854 |
Actions (login required)
View Item |