PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP TINGKAH LAKU SISWA DI SDN 1 BARANG PANGGUL TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2014/2015

BONATIN, 3211113049 (2015) PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP TINGKAH LAKU SISWA DI SDN 1 BARANG PANGGUL TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
lampiran depan.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK BONATIN. Dosen Pembimbing Dr. H. Muwahid Sulhan, M.Ag. Peranan Pendidikan Agama Islam Terhadap Tingkah Laku Siswa SDN 1 Barang Tahun 2015. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Kata Kunci: Peranan Pendidikan Agama Islam, Tingkah Laku Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa pendidikan agama Islam memberikan peranan yang sangat penting dalam membentuk tingkah laku siswa di sekolah. Pendidikan agama Islam diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan keimanan siswa yang salah satunya diwujudkan melaui tingkah laku terpuji. Maka penting untuk mengetahui peranan Pendidikan Agama Islam terhadap tingkah laku siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam di SDN 1 Barang Tahun 2015? (2) Bagaimana peranan pendidikan agama Islam terhadap tingkah laku siswa di SDN 1 Barang Tahun 2015? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam membina tingkah laku siswa di SDN 1 Barang Tahun 2015? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Mengetahui pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Barang Tahun 2015, (2) Mengetahui peranan pendidikan agama Islam terhadap tingkah laku siswa di SDN 1 Barang Tahun 2015, (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membina tingkah laku siswa di SDN 1 Barang Tahun 2015. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan data deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah people, place, dan paper. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam membina tingkah laku siswa yaitu cukup bagus dan terprogram. Dengan pendidikan Agama Islam siswa-siswi bisa mengontrol diri dan merubah sikap buruk mereka. (2) Pendidikan Agama Islam mempunyai peran yang sangat penting dalam membimbing siswa menjadi generasi muda yang berbudi pekerti dan berakhlak mulia. Mengenai keadaan perilaku keseharian siswa cukup bagus, tidak banyak tata tertib yang dilanggar dan sikap mereka saling menghargai dan menghormati kepada sesama teman ataupun terhadap guru. (3) Faktor pendukung dalam membina tingkah laku siswa yaitu kesadaran, kebersamaan atau kerjasama guru, motivasi dan dukungan orang tua, serta melalui pembiasaan. Adapun faktor penghambatnya yaitu latar belakang keluarga siswa, lingkungan sekolah, dan juga lingkungan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113049 BONATIN
Date Deposited: 22 Dec 2015 02:31
Last Modified: 22 Dec 2015 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3088

Actions (login required)

View Item View Item