Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas VII E MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Mustofa, Moh. Dian Arif (2014) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas VII E MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bagian Inti.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (96kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Matematika Fenomena pembelajaran saat ini, siswa kurang aktif dalam mengungkapkan pertanyaan sehingga siswa merasa kesulitan dalam memahami pelajaran-pelajaran dan dalam mengerjakan soal matematika. Dan dalam metode pembelajaran berbasis masalah ini perlu adanya aplikasi-aplikasi yang diberikan kepada siswa dalam dunia nyata, sehingga siswa lebih mudah dalam memahaminya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah pada materi persegi dan persegi panjang di kelas VII E MTs Al Huda Bandung Tulungagung, 2). Apakah pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar pada materi persegi dan persegi panjang di kelas VII E MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah pada materi persegi dan persegi panjang di kelas VII E MTs Al Huda Bandung Tulungagung, 2). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah pada materi persegi dan persegi panjang di kelas VII E MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang didesain dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc. Taggart. Dimana dalam pelaksanaan tindakan PTK ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) penerapan model pembelajaran berbasis masalah memberikan banyak kontribusi diantaranya siswa menjadi terlatih untuk mencari jawaban dari setiap permasalahan secara aktif dan bertanggung jawab, dan siswa terlatih bekerjasama dalam kelompok serta dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. 2) peningkatan hasil belajar siswa cukup memuaskan tiap siklusnya. Hal tersebut dapat diketahui dari indikator keberhasilan yang berupa nilai hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 63,64 yang berada pada kriteria cukup, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 77,27 dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 13,63. Berdasarkan hasil tes akhir pada siklus xvii II ini tidak diperlukan pengulangan siklus karena sebanyak 84,85% siswa dinyatakan tuntas dengan rata-rata skor tes akhir. Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2014 03:39
Last Modified: 03 Dec 2014 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item