PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK A DI TK MUSLIMAT NU KHADIJAH 1 LOCERET NGANJUK

DEWI LUTFI MAWADAH, 12206173042 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK A DI TK MUSLIMAT NU KHADIJAH 1 LOCERET NGANJUK. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAKDewi Lutfi Mawadah. 12206173042. 2021 “ Pengaruh Penggunaan MediaBoneka Jari Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret Nganjuk ”Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Bapak Germino Wahyu Broto, M, Si. NIP 198003012014031001.Kata kunci: Media Boneka Jari, Kemampuan BahasaKemampuan bahasa anak yang masih kurang dilatarbelakangi penelitian ini. Dhieni menyatakan bahwa bahasa adalah alat penghubung atau komunikasi antara anggota masyarakat yang terdiri dari individu-individu pikiran, perasaan dan keinginannya. Soegeng menggambarkan bahwa anak sedang dalam tahap menggabungkan pikiran dan bahasa sebagai satu kesatuan, ketika anak bermain dengan temannya mereka saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa anak dan itu berarti secara tidak langsung anak belajar bahasa. Penelitian ini dilaksanakan di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret Nganjuk.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : ( 1 ) Bagaimana pengaruh penggunaan media boneka jari terhadap kemampuan bahasa anak kelompok A? ( 2 ) Apakah ada perbedaan yang signifikan penggunaan media boneka jari terhadap kemampuan bahasa anak kelompok A? ( 3 ) Seberapa efektifkah penggunaan media boneka jari terhadap kemampuan bahasa anak kelompok A?.Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian QuasiExsperimental Design.Pengumpulan data diperoleh dengan cara Teknik Tes, Rating Scaledan Dokumentasi. Populasi anak usia dini kelompok A di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret Nganjuk. Sampel yang diambil dengan teknik total sampling seluruh kelompok A yang berjumlah 20 anak. Variabel independent media boneka jari, variabel dependen kemampuan bahasa anak. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis data dengan uji Paired T-Test, Independent Sample T-Test dan N-Gain Score.Hasil dari penelitian didapatkan: ( 1) Ada pengaruh penggunaan media boneka jari terhadapkemampuan bahasa anak kelompok A di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret Nganjuk. Hal tersebut ditunjukkan dari uji paired t testkemampuan bahasa anak dengan hasil nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 karena nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecildari pada 0,05. ( 2) Ada perbedaan yang signifikan penggunaan media boneka jari terhadap kemampuan bahasa anak kelompok A di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret Nganjuk. Hal tersebut ditunjukkan dari uji independent sample t testdengan hasil nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 karena nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari pada 0,05. ( 3) Media boneka jari efektifuntuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Hal tersebut ditunjukkan dari uji N-Gain Score kemampuan bahasa pada kelas eksperimen diperoleh hasil rata-rata 53,0% termasuk dalam kategori efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: mahasiswa 12206173049 DEWI LUTFI MAWADDAH
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:47
Last Modified: 04 Oct 2022 01:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31064

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item