PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII MTs DARUSSALAM REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2014/2015

PUTRI YULIANI PUJI LESTARI, 3216103401 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII MTs DARUSSALAM REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-5.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Kubus Dan Balok Siswa Kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Putri Yuliani Puji Lestari, NIM. 3216103401, pembimbing Ummu Sholihah,M. Si. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar Pembelajaran konvensional adalah pembelajaran yang sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika, padahal kegiatan pembelajaran yang seperti ini cenderung membuat siswa menjadi pasif. Apalagi pelajaran matematika dianggap pelajaran yang sulit bagi siswa. Sehingga hal tersebut berpengaruh buruk terhadap hasil belajar siswa. Untuk itu seorang guru perlu memilah dan memilih model pembelajaran yang tepat sehingga dapat meminimalkan permasalahan tersebut. Salah satunya model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan diatas adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan luas permukaan kubus dan balok siswa kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 MTs Darussalam Ariyojeding tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VIII A dan VIII B. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran kooperatif tipe think pair share sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrument yang sama yang telah diuji validitas, dan reliabilitas. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar matematika dengan menggunakan model Think pair share memiliki rata-rata nilai lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan Think pair share. Rata-rata hasil post-test siswa pada kelas eksperimen sebesar 84,69 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72,76. Hasil uji statistik yang diterapkan dalam penelitian ini diperoleh thitung sebesar 5,283 dengan probabilitas (sig.) yaitu 0,000. Merujuk pada hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3216103401 PUTRI YULIANI PUJI LESTARI
Date Deposited: 23 Dec 2015 02:08
Last Modified: 23 Dec 2015 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3109

Actions (login required)

View Item View Item