ANALISIS PSIKOSOSIAL SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 MATA PELAJARAN IPS DI MTSN 3 BLITAR

LAILI ZUMAROH, 12209173064 (2022) ANALISIS PSIKOSOSIAL SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 MATA PELAJARAN IPS DI MTSN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Psikososial Siswa terhadap Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19 Mata Pelajaran IPS di MTsN 3 Blitar” ini ditulis oleh Laili Zumaroh, NIM 12209173064, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dan dibimbing oleh Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata kunci : Psikososial siswa, proses pembelajaran IPS, pandemi covid 19. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyebaran virus covid 19 di Indonesia memunculkan banyak pengaruh diberbagai bidang salah satunya adalah dunia pendidikan. Interaksi antarindividu sangat dibatasi untuk meminimalisir adanya penyebaran covid 19 tersebut. Sekolah-sekolah ditutup, pembelajaran dari tatap muka diganti dengan melalui jaringan atau internet (daring). Seiring berjalannya waktu setelah penyebaran virus mulai melandai, pemerintah memberikan kebijakan proses pembelajaran yakni dengan melakukan daring dan tatap muka bagi daerah yang masuk zona kuning atu hijau. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran pada masa pandemi covid 19? (2) Apa permasalahan pembelajaran yang muncul pada masa pandemi covid 19? (3) Bagaimana Psiko-Sosial siswa terhadap proses pembelajaran masa pandemi covid 19 pada mata pelajaran IPS?. Pada rumusan dari permasalahan ini peneliti ingin menganalisis psikososial siswa terhadap proses pembelajaran pada masa pandemi covid 19 di MTsN 3 Blitar dengan tujuan (1) untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan disekolah tersebut pada masa pandemi covid 19; (2) untuk mengetahui permasalahan pembelajaran pada masa pandemi covid 19; (3) untuk mengetahui psikososial siswa terhadap proses pembelajaran pada masa pandemic covid 19 mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode campuran yakni gabungan antara kualitatif dan kuntitatif yang bersifat descriptive analitik untuk memberikan gambaran mengenai penelitian dengan mengamati kondisi-kondisi yang terjadi melalui observasi secara langsung. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Kuesioner, (4) dokumentasi. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VIII MTsN 3 Blitar dengan jumlah populasi 115 siswa. Dari hasil penelitian dan analisis disimpulkan bahwa: (1) dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPS di MTsN 3 Blitar sekolah melaksanakan pembelajaran daring pada saat penyebaran covid 19 di wilayah tersebut tinggi. Pada saat angka penyebaran melandai sekolah melakukan pembelajaran dengan daring dan sebagian luring (tatap muka), dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (2) Dari kuesioner yang diberikan kepada siswa diperoleh kesimpulan bahwa: (a) siswa memiliki rasa cemas terhadap penutupan sekolah karena penyebaran covid 19 yang tinggi, (b) pada saat pembelajaran baik daring ataupun luring siswa tidak memiliki banyak kesulitan atau kendala terkait fasilitas pembelajaran, (c) siswa mengenal nama-nama teman sekelas dan guru- guru pengejar di sekolah tersebut. (3) Dari hasil regresi linier sederhana menyimpulkan bahwa koefisien nilai signifikansi sebesar 0,380 lebih besar dari 0,05 yang menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh proses pembelajaran dapa masa pandemic covid 19 mata pelajaran IPS terhadap Psikososial siswa di MTsN 3 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209173064 LAILI ZUMAROH
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:00
Last Modified: 13 Oct 2022 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31177

Actions (login required)

View Item View Item