ANALISIS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MEDIA MEME PADA KELAS X MIA 3 MAN 1 KABUPATEN BLITAR

MUHAMAD AS'AD HARUN, 17210153010 (2020) ANALISIS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MEDIA MEME PADA KELAS X MIA 3 MAN 1 KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Pembelajaran Menulis Teks Anekdot dengan Media Meme pada Kelas X MIA 3 MAN 1 Kabupaten Blitar” yang ditulis oleh Muhamad As’ad Harun, NIM. 17210153010, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2020, dengan dosen pembimbing Mustofa, S.S., M.Pd. Kata kunci: menulis, teks anekdot, pembelajaran, meme Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang sering terjadi saat proses pembelajaran teks anekdot di kelas, seperti kurang bervariasinya media yang digunakan saat pembelajaran. Media yang dimaksud di sini bukan media umum seperti spidol, papan tulis, atau LCD Proyektor. Melainkan media yang menunjang tersampaikannya materi saat pembelajaran, seperti meme dalam teks anekdot contohnya. Media meme ini dipilih karena meme itu sendiri meliliki struktur cerita yang sama dengan teks anekdot. Kemampuan menulis kelas X pada umumnya masih kurang karena mereka masih awal dalam menempuh pembelajaran di sekolah menengah atas. Di samping itu memang materi teks anekdot ini dipelajari di kelas X, sehingga peneliti fokus pada pembelajaran teks anekdot dengan media meme ini pada kelas X MIA 3 MAN 1 Kabupeten Blitar Fokus penelitian pada penelitian ini adalah: 1) perencanaan pembelajaran teks anekdot dengan media meme pada siswa kelas X MIA 3 di MAN 1 Kabupaten Blitar, 2) pelaksanaan pembelajaran teks anekdot dengan media meme pada siswa kelas X MIA 3 di MAN 1 Kabupaten Blitar, 3) evaluasi pembelajaran teks anekdot dengan media meme pada siswa kelas X MIA 3 di MAN 1 Kabupaten Blitar. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran teks anekdot dengan media meme pada siswa kelas X MIA 3 di MAN 1 Kabupaten Blitar, 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran teks anekdot dengan media meme pada siswa kelas X MIA 3 di MAN 1 Kabupaten Blitar, 3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran teks anekdot dengan media meme pada siswa kelas X MIA 3 di MAN 1 Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data berupa rencana pelaksanaan pembelajaran. Wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa jabaran proses pembelajaran. Observasi digunakan untuk memperoleh data lain yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil pembelajaran menulis teks anekdot dengan media meme di kelas X MIA 3 MAN 1 Kabupaten Blitar berupa teks anekdot yang sudah memenuhi struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat. Jalan cerita yang dituliskan cuka sudah menarik. Perencanaan yang matang dengan menggunakan media yang bervariasi dan pelaksanaan dengan model dan metode pembelajaran yang lebih menekankan pada peserta didik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran teks anekdot. Dengan demikian mengkasilkan pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: mr 17210153010 muhamad as'ad harun
Date Deposited: 17 Oct 2022 01:59
Last Modified: 17 Oct 2022 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31190

Actions (login required)

View Item View Item