SITI KHOIRUN NI’MAH, 12208183069 (2022) ANALISIS KETERAMPILAN DASAR GURU DALAM MENGAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI MTsN 4 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (907kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (520kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Analisis Keterampilan Dasar Guru Dalam Mengajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di MTsN 4 Blitar”. Skripsi ini ditulis oleh Siti Khoirun Ni’mah NIM. 12208183069, Prodi Tadris Biologi UIN SATU Tulungagung, Pembimbing Nanang Purwanto M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Keterampilan Dasar Guru, Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan kompleks yang harus dikuasai oleh guru. MTsN 4 Blitar merupakan salah lembaga pendidikan dengan jumlah siswa yang cukup banyak dan prestasi yang meningkat. MTsN 4 Blitar merupakan sekolah dengan pengajar yang telah menerapkan keterampilan dasar mengajar dengan baik. Dalam hal ini peneliti melakukan analisis mengenai perencanaan pembelajaran, penerapan keterampilan dasar mengajar, dan evaluasi kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru IPA MTsN 4 Blitar pada materi sistem peredaran manusia, (2) Mendeskripsikan penerapan keterampilan dasar mengajar guru IPA MTsN 4 Blitar dalam mengajar siswa kelas VIII materi sistem peredaran manusia, (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru IPA MTsN 4 Blitar pada materi sistem peredaran manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi yang dilakukan oleh guru IPA MTsN 4 Blitar, wawancara digunakan untuk memperdalam lagi data keterampilan dasar mengajar guru IPA MTsN 4 Blitar, dan dokumentasi digunakan untuk membuktikan dan mengabadikan proses penelitian berlangsung. Sedangkan teknik analisis data pada peneitian ini yaitu teknik analisis data penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan pembelajaran yang digunakan guru IPA MTsN 4 Blitar dalam bentuk RPP telah memuat semua komponen RPP dengan lengkap, yaitu : identitas sekolah, identitas mata pelajaran atau tema, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar, (2) Guru IPA MTsN 4 Blitar telah menerapkan delapan keterampilan dasar mengajar dengan baik. Guru IPA MTsN 4 Blitar telah menerapkan 70 dari 80 indikator keterampilan dasar mengajar. Dalam hal ini guru mampu menciptakan kelas yang efektif, kondusif, dan menyenangkan, (3) Penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru IPA MTsN 4 Blitar meliputi penilaian sikap spiritual dan sosial, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183069 SITI KHOIRUN NI’MAH |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 06:48 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 06:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31250 |
Actions (login required)
View Item |