KESIAPAN DAN STRATEGI GURU FISIKA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM MENYAMPAIKAN DAN MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI MATERI LISRIK STATIS PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN SELAMA PANDEMI COVID-19

ELSE KRISTIYANINGSIH, 12211173027 (2022) KESIAPAN DAN STRATEGI GURU FISIKA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM MENYAMPAIKAN DAN MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI MATERI LISRIK STATIS PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN SELAMA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kesiapan dan Strategi Guru Fisika di Kabupaten Tulungagung dalam Menyampaikan dan Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Materi Listrik Statis pada Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Jaringan Selama Pandemi Covid-19” ini ditulis oleh Else Kristiyaningsih, NIM. 12211173027, pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci: Kesiapan guru, Strategi guru, Listrik statis, Pembelajaran daring Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi Covid-19 yang memberikan dampak perubahan bagi kehidupan manusia, khususnya pada dunia pendidikan. Kemendikbud dan Kemenag mulai merencanakan adanya pelaksanaan pembelajaran daring. Pihak sekolah juga mengubah strategi pembelajaran yang awalnya dilaksanakan dengan tatap muka kini di ganti dengan pembelajaran daring. Oleh karena itu, guru dituntut untuk mempersiapkan dan menciptakan strategi mengajar yang baik dan menarik dalam pembelajaran fisika berbasis daring, karena dalam pembelajaran daring kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui pemanfaatan jaringan internet sebagai aktivitas dalam melengkapi kegiatan pembelajaran. Terkait kondisi tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai kesiapan dan strategi guru fisika dalam menyampaikan dan meningkatkan pemahaman siswa melalui materi listrik statis pada pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pendapat guru fisika tentang diberlakukannya kebijakan pembelajaran daring selama pandemi Covid- 19? (2) Untuk mengetahui kesiapan guru fisika di Kabupaten Tulungagung dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 (3) Untuk mengetahui strategi guru fisika di Kabupaten Tulungagung dalam menyampaikan materi listrik statis pada pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 (4) Untuk mengetahui strategi guru fisika di Kabupaten Tulungagung dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui materi listrik statis pada pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk mencari informasi mengenai kesiapan dan strategi guru fisika dalam menyampaikan dan meningkatkan pemahaman siswa pada saat pembelajaran daring, sedangkan observasi dan dokumentasi dilakukan dengan tujuan mencari informasi mengenai sekolah yang dituju untuk penelitian, mencari data seperti foto, dokumen dan mencatat hasil observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan, teknik triangulasi dan pengecekan sejawat.Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pendapat guru mengenai diberlakukannya pembelajaran daring adalah sangat setuju karena hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 dan untuk mengisi kekosongan proses belajar mengajar maka untuk pelaksanaan pembelajaran secara daring ini sangat diperlukan. Persiapan yang dilakukan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran fisika berbasis daring adalah memanfaatan teknologi komunikasi elektronik berupa Hp android sebagai media untuk menyampaikan pembelajaran, pembuatan RPP daring, penyusunan jadwal pembelajaran daring, pemilihan platform belajar, pembuatan grup kelas berbasis WhatsApp yang digunakan sebagai koordinasi antara guru dan siswa serta dukungan kebijakan dalam bentuk bantuan kuota internet. Strategi menyampaikan pembelajaran yang dilakukan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran fisika berbasis daring adalah dengan pemilihan platform belajar yang cocok dan sesuai dengan siswa. Serta strategi dalam meningkatkan pemahaman siswa yang dilakukan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran listrik statis berbasis daring adalah dengan melakukan demonstrasi berupa praktik tentang muatan listrik yang dapat dilakukan siswa dirumah masing-masing, diharapkan dengan begitu pengalaman secara langsung bisa didapatkan. Upaya lain dalam meningkatkan pemahaman siswa bisa dilakukan dengan penyampaian praktikum virtual listrik statis oleh guru, tentunya lebih menarik karena ada ilustrasi-ilustrasi yang ditampilkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211173027 Else Kristiyaningsih
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:30
Last Modified: 26 Oct 2022 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31284

Actions (login required)

View Item View Item