PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN SENTUL 3 KEPANJENKIDUL BLITAR

SUSIANI PRASETYA PURWANINGSIH, 3217103086 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN SENTUL 3 KEPANJENKIDUL BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
1 Bagian Awal [Susiani Prasetya Purwaningsih_3217103086].pdf

Download (236kB)
[img] Text
2 Bagian Pembahasan[Susiani Prasetya Purwaningsih_3217103086].pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 Bagian Lampiran [Susiani Prasetya Purwaningsih_3217103086].pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Purwaningsih, Susiani Prasetya, 3217103086, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SDN Sentul 3 Kepanjenkidul Blitar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pembimbing : Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, prestasi belajar, mata pelajaran matematika. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kualitas program pembelajaran di Sekolah, sering kali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan. Salah satunya yaitu SDN Sentul 3 Kepanjenkidul Blitar, sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Pada mata pelajaran Matematika prestasi belajar siswa relatif rendah, dikarenakan sebagian besar siswa menganggap bahwa mata pelajaran Matematika adalah mata pelajaran yang membosankan. Selain itu penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran Matematika seringkali terlalu dominan, sehingga siswa kurang aktif terlibat dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika pada materi Luas trapesium dan layang-layang. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan luas bangun datar siswa kelas V di SDN Sentul 3 Kepanjenkidul Blitar Tahun Ajaran 2013/2014. 2) Untuk mendiskripsikan prestasi belajar yang diperoleh siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan luas bangun datar siswa kelas V di SDN Sentul 3 Kepanjenkidul Blitar Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian adalah kelas V SDN Sentul 3 Kepanjenkidul Blitar tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, angket, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Adapun langkah-langkah penerapan model tersebut meliputi: Tahap awal: Membuka pelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan motivasi. Tahap inti: Membagi 42 siswa kelas V dalam 7 kelompok belajar kooperatif (kelompok asal), penjelasan materi (pada kelompok asal), membagi materi menjadi 6 kartu soal, pembentukan kelompok ahli dan diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok asal, presentasi kelompok asal, pemberian kuis jigsaw, dan pemberian penghargaan. Tahap akhir, yaitu: Menyimpulkan hasil pembelajaran, pemberian soal post test. 2) Sedangkan untuk prestasi belajar siswa meningkat dapat dilihat dari nilai tes akhir. Hal ini dibuktikan dari tes awal nilai rata-rata siswa yang semula 55,75, meningkat pada tes akhir siklus 1 menjadi 72,50, dan meningkat lagi pada tes akhir siklus 2 menjadi 90,59. Selain itu, peningkatan prestasi belajar siswa juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar. Terbukti dengan persentase ketuntasan belajar pre test (42,50%), meningkat pada post test siklus 1 (71,42%), dan meningkat lagi pada post test siklus 2 (95,23%). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SDN Sentul 3 Kepanjenkidul Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 3217103086 SUSIANI PRASETYA PURWANINGSIH
Date Deposited: 29 Dec 2015 06:56
Last Modified: 29 Dec 2015 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3137

Actions (login required)

View Item View Item