BINTI SAYYIDATUL MARDHIYAH, 12208183063 (2022) OPTIMALISASI PENGGUNAAN WHATSAPP (WA) GROUP DAN VIDEO YOUTUBE DALAM MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI DI MTsN 9 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (992kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Optimalisasi Penggunaan Whatsapp (WA) Group dan Video Youtube dalam Mata Pelajaran IPA Biologi di MTsN 9 Blitar” ditulis oleh Binti Sayyidatul Mardhiyah, NIM. 12208183063, dosen pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Optimalisasi, Pembelajaran IPA Biologi, Whatsapp (WA) Group, Youtube Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dalam penggunaan media pembelajaran di masa pandemi saat ini. Hal ini merupakan sesuatu yang menarik karena guru harus lebih kreatif dalam memilih media pembelajaran untuk siswanya. Optimalisasi penggunaan Whatsapp (WA) Group dan Video Youtube sudah mulai diterapkan oleh guru IPA kelas VIII-A di MTsN 9 Blitar. Peserta didik sangat antusias dan mulai membiasakan diri dengan sistem pembelajaran saat ini. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan optimalisasi penggunaan Whatsapp (WA) Group dan Video Youtube dalam mata pelajaran IPA Biologi di MTsN 9 Blitar, (2) mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penggunaan Whatsapp (WA) Group dan Video Youtube dalam mata pelajaran IPA Biologi di MTsN 9 Blitar, (3) mendeskripsikan upaya guru untuk mengatasi kekurangan penggunaan Whatsapp (WA) Group dan Video Youtube dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melalui penyebaran angket, wawancara, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengetahui persepsi siswa dalam penggunaan kedua media tersebut. Wawancara juga digunakan untuk mengetahui lebih dalam mengenai penggunaan kedua media tersebut. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Whatsapp dan Youtube sudah digunakan dalam proses pembelajaran karena membantu siswa dalam belajar. Kedua media ini sudah familiar di kalangan semua orang, penggunaannya juga mudah dan lebih simpel. Tahapan proses pembelajaran diawali dengan mempersilahkan siswa untuk menyiapkan buku materinya, mengirim file materi, link Youtube, kemudian pemberian tugas kepada siswa. Cara guru mengukur kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa yakni dengan menilai dari kecepatan, ketepatan dalam menjawab dan mengirim tugas. Fitur Whatsapp yang digunakan yaitu fitur mengetik pesan, mengirim gambar, mengirim file dokumen, dan berbagi link video dari Youtube, sedangkan fitur Youtube yang digunakan hanya fitur bagikan video saja. Penggunaan Whatsapp Group ini sudah cukup optimal dalam pembelajaran tetapi untuk penggunaan Youtube masih kurang optimal dalam pembelajaran. Hasil persentase angket siswa memperoleh hasil sebesar 51,86% dengan kategori setuju mengenai adanya penggunaan kedua media ini dalam pembelajaran dan untuk persentase angket siswa juga menunjukkan hasil sebesar 65,6% dengan kategori setuju mengenai penggunaan fitur dari kedua media ini, jadi penggunaan kedua media ini membantu sebagian besar siswa dalam proses pembelajaran. (2) Kelebihan dari penggunaan kedua media ini dalam pembelajaran yakni: siswa menjadi lebih tertarik, bisa mengerjakan dan mengumpulkan tugas diluar jam sekolah, bisa berdiskusi dengan teman, praktis penggunaannya, lebih mengenal teknologi, memudahkan guru dalam proses penyampaian materi. Adapun kekurangan dari penggunaan kedua media ini yakni: kendala sinyal kuota internet, kurang memahami materi, penyimpanan RAM internal HP cepat penuh. Hasil persentase angket siswa juga memperoleh hasil sebesar 94,64% dengan kategori setuju mengenai kelebihan dalam penggunaan kedua media. Jadi, hampir seluruh siswa merasakan kelebihan yang dapat dimanfaatkan dari penggunaan kedua media ini dalam proses pembelajaran. (3) Upaya guru untuk mengatasi kekurangan penggunaan kedua media ini dalam pembelajaran yaitu: memperpanjang rentang waktu pengumpulan tugas bagi siswa, mengajak siswa untuk berdiskusi bersama, menugaskan siswa untuk merangkum file materi yang telah dikirim, memaksimalkan penggunaan fitur-fitur yang ada dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | dhiyah dhiyah |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 03:16 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 03:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31386 |
Actions (login required)
View Item |