STRATEGI GURU IPS GUNA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 2 KARANGAN TRENGGALEK

NITA KURNIAWATI, 12209173084 (2022) STRATEGI GURU IPS GUNA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 2 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru IPS Guna Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di SMPN 2 Karangan Trenggalek” ditulis oleh Nita Kurniawati, NIM. 12209173084. Jurusan Tadris Ilmu pengetahuan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bagus Setyawan, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru IPS, Kesulitan Belajar Daring. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan strategi guru IPS guna mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran daring di SMPN 2 Karangan yang dalam pelaksanaannya mengalamiberbagai kesulitan sehingga pembelajaran daring kurang efektif dan mengakibatkan hasil belajar siswa tidak tercapai dengan maksimal. Fokus penelitian antara lain, 1) Apa saja kesulitan belajar yang dialami siswa pada pembelajaran daring di SMPN 2 Karangan?, 2) Bagaimana strategi guru IPS guna mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 8A pada pembelajaran daring di SMPN 2 Karangan?, 3) Bagaimana evaluasi hasil belajar siswa kelas 8A dari penerapan strategi guru IPS dalam pembelajaran daring di SMPN 2 Karangan? Adapun untuk mencapai tujuan penelitian diatas peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Peneliti hanya bertugas sebagaipengamat selama observasi berlangsung.Analisis data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dari hasil wawancara dan observasi lapangan kemudian diorganisasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kesulitan belajar siswa yang dialami pada pembelajaran daring: (a) adanya hambatan tingkat penguasaan IT siswa yang tergolong rendah, (b) adanya hambatan faktor ekonomi dalam hal pemenuhan piranti pembelajaran daring, (c) adanya hambatan sinyal internet, (d) minat belajar rendah dari masing-masing siswa. (2) Strategi guru IPS guna mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran daring di SMPN 2 Karangan adalah: (a) Tidak banyak menggunakan aplikasi belajar, (b) Materi pelajaran disajikan dalam bentuk yang menarik, (c) Sebisa mungkin menghindari materi pelajaran yang disampaikan melalui tayangan you-tube, (d) Meningkatkan perhatian kepada siswa selama proses pembelajaran. (3) Evaluasi hasil belajar siswa kelas VIII A setelah penerapan strategi pembelajaran yang dilakukan guru IPS bahwa dengan adanya penerapan beberapa cara yang dilakukan guru IPS membuat minat belajar siswa menjadi meningkat. Hal ini terlihat dari pemenuhan tugas-tugas yang diberikan guru IPS sehingga daftar nilai hasil belajar siswa menjadi terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209173084 NITA KURNIAWATI
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:05
Last Modified: 15 Dec 2022 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31760

Actions (login required)

View Item View Item