ARI SUSIANA SARI, 17306163005 (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SELF MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI MA MA’ARIF KAWEDUSAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (890kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Self Management Terhadap Peningkatan Disiplin Belajar Siswa MA Ma’arif Kawedusan” ini di tulis oleh Ari Susiana Sari, NIM. 17306163005. Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Hj. Uswah Wardiana, M.Si. NIP. 197002091999032001 Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Self Management, Disiplin Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa siswa yang memiliki perilaku yang mencerminkan ketaatan dan kepatuhan terhadap tata tertib yang berlaku di sekolah. Hal itu terlihat dari perilaku siswa, seperti siswa datang terlambat, membolos, dan tidak masuk kelas saat jam pelajaran, membuang sampah sembarangan, tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, terlambat mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok self management terhadap peningkatan disiplin belajar siswa kelas XI MA Ma’arif Kawedusan ?. Sedangkan Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok self management terhadap peningkatan disiplin belajar siswa kelas XI MA Ma’arif Kawedusan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas XI MA Ma’arif Kawedusan yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel di penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Paired Sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self management dapat memberikan perubahan yang signifikan dalam meningkatkan disiplin belajar dengan pembuktian hasil uji beda paired sample t test disiplin belajar pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen dengan nilai asymp sig. (2-tailed) sebesar 0.008 < 0.05 yang menunjukkan adanya perbedaan antara pre-test dan post-test kelompok eksperimen. Sedangkan, jika dilihat dari rata-rata tingkat perilaku disiplin belajar nilai pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen mengalami kenaikan dengan signifikan dimana hasil dari pre-test menunjukkan nilai sebesar 69.00 yang masuk dalam kategori nilai tertinggi, setelah diberikan treatment self management nila rata-rata kelompok eksperimen mengalami kenaikan dengan nilai sebesar 86.40 yang masuk dalam kategori cukup.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 17306163005 ARI SUSIANA SARI |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 02:03 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 02:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31909 |
Actions (login required)
View Item |