MILA DIATUS ZAHRO, 12204183019 (2022) PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA PADA MATERI SPLTV DITINJAU BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN SENSING - INTUITION KELAS X DI SMAN 1 DURENAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (802kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (276kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa Pada Materi SPLTV Ditinjau Berdasarkan Tipe Kepribadian Sensing – Intuition Kelas X SMAN 1 Durenan” ini ditulis oleh Mila Diatus Zahro, NIM. 12204183019, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci : Pemahaman, Konseptual, Prosedural, Tipe Kepribadian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi pada proses pembelajaran matematika yaitu siswa kurang mampu dalam memahamai konsep dan prosedur dalam melakukan penyelesaian masalah yang ada. Salah satu faktor yang mempengaruhi pemahaman konseptual dan prosedural siswa adalah tipe kepribadian yang dimiliki oleh siswa. Tipe kepribadian digolongkan menjadi tipe kepribadian sensing dan tipe kepribadian intuition. Kepribadian sensing merupakan tipe kepribadian yang berorientasi pada bagaimana cara seseorang dalam memandang suatu informasi yang diterimanya. Sedangkan kepribadian intuition adalah tipe kepribadian yang meyakini sesuatu yang abstrak, cenderung bertindak tanpa prosedur, dan berorientasi pada masa depan. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa pada materi SPLTV ditinjau berdasarkan tipe kepribadian sensing. (2) untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa pada materi SPLTV ditinjau berdasarkan tipe kepribadian intuition. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan tipe kepribadian sensing dan 2 siswa dengan tipe kepribadian intuition. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tipe kepribadian, menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan tipe kepribadian sensing mampu memenuhi semua indikator dari pemahaman konseptual dan prosedural, (2) Siswa dengan tipe kepribadian intuition mampu menyatakan ulang konsep, mampu menyajikan representative lain. Namun belum mampu dalam memberikan yang bukan termasuk contoh dari spltv dan belum mampu dalam penggunaan algoritma dengan benar. Sehingga siswa intuition belum memenuhi indikator pemahaman konseptual. Siswa Intuition mampu menggunakan metode dan teknik dengan baik. Namun belum mampu dalam pemahaman algortima dan penggunaan prosedur secara tepat. Sehingga siswa intuition belum memenuhi indikator pemahaman prosedural.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183019 Mila Diatus Zahro |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 08:47 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 08:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31943 |
Actions (login required)
View Item |