STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK DI MTs DARUSSALAM ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG

NAILIYA JAZILATUR ROHMAH, 12201183246 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK DI MTs DARUSSALAM ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (520kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (546kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Karena cakupan kesulitan belajar peserta didik pada sejarah kebudayaan islam luas maka guru sangat dituntut menggunakan strategi yang variatif agar tidak monoton dan untuk mengatasi kesulitan belajar, sehingga nantinya peserta didik akan termotivasi dalam belajar dan mencapai hasil yang diharapkan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana perencanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar sejarah kebudayaan islam peserta didik di MTs Darussalam Aryojeding rejotangan tulungagung? (2) bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar sejarah kebudayaan islam peserta didik di MTs Darussalam Aryojeding rejotangan tulungagung? (3) bagaimana perencanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar sejarah kebudayaan islam peserta didik di MTs Darussalam Aryojeding rejotangan tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan umum penelitian yang dilakukan peneliti adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar sejarah kebudayaan islam peserta didik di MTs Darussalam Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan yaitu: (1) perencanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar sejarah kebudayaaan islam peserta didik di MTs Darussalam Aryojeding Rejotangan Tulungagung yaitu dengan guru terlebih dahulu menyusun RPP yang meliputi strategi dan metode yang bervariasi, kemudian mengumpulkan sumber belajar baik dari buku atau internet, menyiapkan media yang akan digunakan, dan guru mempersiapkan dan menguasai materi. (2) pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar sejarah kebudayaaan islam peserta didik di MTs Darussalam Aryojeding Rejotangan Tulungagung yaitu guru menggunakan strategi dan metode yang bervariasi, selain ceramah metode yang digunakan adalah diskusi, tanya jawab dan tebak kata. Kemudian guru membuat media belajar yang berupa peta konsep, dan menggunakan metode terjemah untuk menjelaskan/menerjemahkan kosa kata sulit, untuk meningkatkan minta baca guru mengajak peserta didik mencari berbagai referensi terkait sejarah kebudayaan islam dari perpustakaan dan internet. (3) evaluasi strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar sejarah kebudayaaan islam peserta didik di MTs Darussalam Aryojeding Rejotangan Tulungagung yaitu dengan memberikan kuis pada setiap pertemuan, kemudian mengadakan pembelajaran remidial. Dan melakukan kerjasama dan berdiskusi dengan orangtua untuk memudahkan dalam mengatasi kesulitan belajar Sejarah Kebudayaan Islam dan meningkatkan hasil belajar menjadi lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183246 NAILIYA JAZILATUR ROHMAH
Date Deposited: 02 Jan 2023 08:54
Last Modified: 02 Jan 2023 08:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32024

Actions (login required)

View Item View Item