STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG

LATIFATUN NISAK, 12201183089 (2023) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Latifatun Nisak, NIM 12201183089, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Mukhamad Sukur, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Guru Fiqih, Kesadaran Beribadah Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya generasi bangsa yang mulai terpengaruh hal negatif dari kecanggihan teknologi maupun pengaruh budaya luar yang menyebabkan dirinya terlalu asik dengan kesenangan dunia hingga melupakan kewajibannya sebagai umat beragama. Menipisnya kesadaran dalam diri untuk melaksanakan kewajiban ibadah, dapat juga disebabkan karena kurangnya perhatian dari keluarga. Dengan demikian, peran guru terlebih guru fiqih yang mengajarkan ilmu syariat islam sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan guna mendorong perkembangan kesadaran beribadah peserta didik. Agar anak tidak hanya memahami teori tentang pendidikan agama Islam saja, tetapi juga mampu merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Fokus Penelitian ini adalah 1). Bagaimana perencanaan guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung?. 2). Bagaimana pelaksanaan guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung?. 3). Bagaimana evaluasi guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung ?. Tujuan Penelitian ini yaitu 1). Untuk mendeskripsikan perencanaan guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. 2). Untuk mendeskripsikan pelaksanaan guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. 3). Untuk mendeskripsikan evaluasi guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah 1). Perencanaan yang dilakukan guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di MTs Darussalam meliputi perencanaan untuk menambah wawasan pengetahuan peserta didik dan perencanaan untuk praktek ibadah peserta didik serta perencanaan pembiasaan yang sifatnya rutin dan terjadwal. 2). Pelaksanaan yang dilakukan guru fiqih dalam upaya meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di MTs Darussalam yaitu: guru menerangkan ilmu pengetahuan dengan jelas disertai dengan motivasi. Lalu guru memberikan contoh teladan dan menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik. Selain itu penerapan pembiasaan harian seperti membaca surah yasin dan surah-surah pendek setiap pagi, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, membaca dan menghafal bersama-sama materi yang akan dipelajari, tahlil, istighotsah, melaksanakan sholat dhuhur berjamaah dan sholat dhuha berjamaah. Disamping itu juga terdapat pembiasaan tahunan seperti kegiatan PHBI atau Peringatan Hari Besar Islam dan juga kegiatan pondok Romadhon sekaligus melaksanakan ibadah membayar zakat di madrasah. Untuk melatih kedisiplinan peserta didik, terdapat peraturan yang harus ditaati. 3). Evaluasi yang dilakukan guru fiqih dalam upaya meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di MTs Darussalam yaitu: evaluasi pembelajaran dengan penilaian sesuai perencanaan. Lalu evaluasi dengan cara guru fiqih bertanya langsung kepada peserta didik apakah di rumah sudah melaksanakan sholat 5 waktu atau belum. Selanjutnya evaluasi pembiasaan harian dengan menilai peserta didik melalui kartu prestasi. Selain itu evaluasi sikap peserta didik dengan cara guru mengamati secara langsung sikap serta perilaku peserta didik pada saat mengikuti kegiatan keagamaan di madrasah. Walaupun demikian, kegiatan keagamaan juga perlu dievaluasi secara menyeluruh pada saat rapat evaluasi program kegiatan atau pada rapat akhir tahun. Dalam kegiatan evaluasi melibatkan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183089 LATIFATUN NISAK
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:46
Last Modified: 11 Jan 2023 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32139

Actions (login required)

View Item View Item