DANIS NURJANAH, 12206183095 (2022) PENGARUH PERMAINAN KOOPERATIF TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA TAWING. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Ide penelitian ini muncul karena adanya fenomena atau kondisi keterampilan sosial yang rendah dan akan mempengaruhi anak dimasa dewasanya nanti, ditandai dengan tingginya perilaku agresif, perilaku memusuhi, serta bermain sendiri. Rendahnya keterampilan sosial anak usia dini menyebabkan perkembangan sosialnya cenderung bersifat kurang kepercayaan diri, egois, kurang tenggang rasa dan akhirnya menimbulkan perilaku menyimpang. Keterampilan sosial ini harus ditingkatkan salah satu caranya dengan bermain kooperatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Dharma Wanita Tawing Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Adakah pengaruh permainan kooperatif terhadap meningkatnya keterampilan sosial anak kelompok B di TK Dharma Wanita Tawing?. (2) Seberapa besar efektifitas penggunaan permainan kooperatif terhadap keterampilan sosial anak kelompok B di TK Dharma Wanita Tawing?. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah: (1) Untuk membuktikan bahwa permainan kooperatif memiliki pengaruh terhadap keterampilan sosial anak kelompok B di TK Dharma Wanita Tawing (2) Untuk mengetahui seberapa besar efektifitas penggunaan permainan kooperatif terhadap keterampilan sosial anak kelompok B di TK Dharma Wanita Tawing. Dalam penelitian ini digunakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengetahui keterampilan sosial anak. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari informasi data tentang populasi, sarana, prasarana serta dokumen lain yang ada di lembaga. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan permainan kooperatif terhadap keterampilan sosial anak kelompok B di TK Dharma Wanita Tawing. Hal ini ditunjukkan dari uji independent T-Test yang mana merupakan uji beda dengan nilai Sig. 0,00, menunjukkan Sig. 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan besar pengaruh yang diperoleh pada uji effect size menunjukkan pengaruh sebesar 0,75 yang tergolong dalam kriteria interprestasi yang memiliki pengaruh sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183095 Danis Nurjanah |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 03:45 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 03:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32155 |
Actions (login required)
View Item |