PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI MA AL HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT

NOPALIA BASAROH, 12204183042 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI MA AL HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI MA Al Hikmah Langkapan Srengat” ditulis oleh Nopalia Basaroh, NIM.12204183042, Pembimbing: Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci : Metode Problem Solving, Kemampuan Literasi Siswa, Materi Barisan dan Deret Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah kegiatan pembelajaran formal yang menggunakan metode pembelajaran problem solving ini dapat mempengaruhi kemampuan literasi siswa pada materi barisan dan deret kelas XI MA Al Hikmah Langkapan Srengat. Metode pembelajaran problem solving dengan literasi matematika menjadi suatu komponen yang dapat mengembangkan daya fikir kritis siswa dalam mengembangkan setiap permasalahan serta mampu menemukan solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan literasi siswa pada materi barisan dan deret kelas XI MA Al Hikmah Langkapan Srengat. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan pengumpulan data melalui teknik tes diberikan di awal dan akhir pembelajaran. Bentuk design eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah equasi eksperimen design. Penelitian ini menggunakan bentuk desain Pretest – Posttest Control Group Design. Sample ditentukan dengan Teknik purposive sampling secara langsung. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Al Hikmah Langkapan Srengat yang menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol, dimana masing-masing kelas berjumlah 10 siswa sehingga sampel yang digunakan berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yang meliputi uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan literasi siswa pada materi barisan dan deret kelas XI MA Al Hikmah Langkapan Srengat, dengan diperoleh signifikansi 0,000 (pretestpostest eksperimen), nilai signifikan 0,041 (pretest-postest kontrol) melalui uji paired sample test dan diperoleh signifikansi 0,000 (posttest eksperimen - postest kontrol) melalui uji independent sample test dimana ketahui bahwa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183042 NOPALIA BASAROH
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:13
Last Modified: 13 Jan 2023 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32175

Actions (login required)

View Item View Item