ASROTUL YUNANIK, 12401173210 (2023) ANALISIS SWOT PADA MARKETING PEMBIAYAAN MURABAHAH GUNA MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA (Studi Kasus Pada BMT NUsantara Umat Mandiri Kalidawir dan BMT Muamalah Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (918kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (440kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) | Preview |
Abstract
AbstrakIO Skripsi dengan judul “Analisis SWOT Pada Marketing Pembiayaan Murabahah Guna Meningkatkan Jumlah Anggota” Studi Kasus Pada BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT My ini ditulis oleh Asrotul Yunanik, NIM. 1240117321 0, pembimbing Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakteristik yang diberikan masing masing Baitul Maal Wat Tamwil, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi anggota. Pada BMT NUsantara Umat Mandiri dimana pada tahun 2014 pernah terjadi kasus penipuan lembaga keuangan berlabel syariah yang memiliki kantor cabang di Kalidawir, dengan adanya lembaga NU yang menaungi BMT lebih memberikan kepercayaan. Dibuktikan dengan jumlah anggota pembiayaan yang semakin meningkat setiap tahunnya. Pada BMT Muamalah Tulungagung melakukan promosi dengan mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan untuk membeli produk itu, dibuktikan dengan bertambahnya calon anggota, tetapi calon anggota pembiayaan masih mengalami fluktuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi strategi marketing pembiayaan murabahah di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Muamalah Tulungagung (2) Analisis SWOT pada strategi marketing pembiayaan murabahah di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Muamalah Tulungagung (3) Peningkatan jumlah anggota atas strategi marketing pembiayaan murabahah di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Muamalah Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan data primer dari hasil wawancara dengan pengurus dan anggota pembiayaan dan data sekunder dari dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan metode induktif (yang diambil dari fakta). Hasil Penelitian adalah: (1) implementasi strategi marketing pembiayaan murabahah di BMT Nusantara Umat Mandiri berupa pemberian hadiah, pemasaran door to door, menghubungi anggota secara berkala sedangkan BMT Muamalah Tulungagung menggunakan metode 4P dan promosi yang menunjukkan hasil yang baik dalam peningkatan jumlah anggota. (2) SWOT di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Muamalah Tulungagung dalam meningkatkan jumlah anggotanya memiliki kesamaan dalam menggunakan strategi Strenght Opportunity (SO) karena memiliki kekuatan dan peluang sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada serta sudah mampu untuk bersaing di pasar persaingan yang kompetitif. (3) jumlah anggota atas strategi marketing pembiayaan murabahah yang dilakukan di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Muamalah Tulungagung mengalami kenaikan dan penurunan setiap tahunnya, pada BMT Nusantara Umat Mandiri jumlah anggota yang melakukan pembiayaan mengalami peningkatan sebanyak 35,54% sedangkan pada BMT Muamalah Tulungagung mengalami penurunan sebesar 27,33%. Kata Kunci: Analisis SWOT, Anggota Pembiayaan, Strategi Marketing
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 12401173210 ASROTUL YUNANIK |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 06:57 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 06:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32244 |
Actions (login required)
View Item |