AKMAL FAIS, 12201183028 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (399kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (444kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (536kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (874kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (483kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Akmal Fais, NIM. 12201183028, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022. Dosen Pembimbing: Dr. Muhammad Zaini, M. A. Kata Kunci: Strategi, Guru, Karakter Religius Menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkarakter religius merupakan salah satu poin yang ada di dalam tujuan pendidikan nasional. Sekolah berupaya mengaplikasikan teori yang ada dalam pendidikan Agama melalui pembelajaran akidah akhlak untuk mewujudkan peserta didik yang berkarakter religius. MTs Darussalam adalah sebuah lembaga pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip, dan nilai karakter religius ke dalam seluruh aktivitasnya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di lembaga ini. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan strategi yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi strategi yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada para warga madrasah di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan strategi yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung dilakukan dengan mendesain sistem kurikulum yang sarat akan nilai-nilai karakter religius, membuat kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan karakter religius siswa, menciptakan persepsi karakter religius yang ada di sekolah terhadap peserta didik tentang lingkungan belajar mereka, mengatur tata tertib, beserta sanksi pelanggarannya. (2) Pelaksanaan strategi yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung dilakukan dengan membiasakan pembacaan surat-surat pendek, asmaul husna, dan membaca yasin seperti biasanya. Kemudian dalam proses pembelajaran diberikan contoh-contoh tentang akhlak, biasanya metodenya melalui ceramah, mengevaluasi murid untuk disiplin, mendidik dengan penuh kesabaran, melakukan bimbingan terhadap perilaku, dan memberikan motivasi kepada peserta didik agar menjadi lebih baik, melakukan keteladanan, mendidik dengan mempraktikkan disiplin karakter religius pembiasaan berbuat baik dalamberpakaian, berbuat, dan perkataan, serta memberikan keteladanan oleh guru terhadap siswa. (3) Evaluasi strategi yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung dalam pembelajaran dilakukan melalui evaluasi formatif secara tertulis dan lisan yang diadakan secara berkala, dan evaluasi sumatif pada PTS, dan PAS serta di luar pembelajaran melalui pengamatan perubahan perilaku siswa, pemberian sanksi pelanggaran siswa, evaluasi bersama warga sekolah dalam memantau perilaku karakter religius mereka agar terbentuk kepribadian anak yang berakhlakul karimah sesuai dengan norma agama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183028 AKMAL FAIS |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 03:16 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 03:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32270 |
Actions (login required)
View Item |