ELISA IRNAWATI, 12206173006 (2023) MEMBENTUK PERILAKU SOPAN SANTUN ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM PENERAPAN BAHASA JAWA KRAMA DI RA KARTINI PAKISREJO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (602kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (908kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Membentuk Perilaku Sopan Santun Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Bahasa Jawa Krama di RA Kartini Pakisrejo” ini di tulis oleh Elisa Irnawati, Nim 12206173006, Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si Kata Kunci : Perilaku Sopan Santun, Bahasa Jawa Krama Skripsi ini membahas perilaku sopan santun melalui penerapan bahasa jawa krama di RA Kartini Pakisrejo. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pudarnya perilaku sopan santun serta mulai lunturnya budaya jawa pada generasi sekarang. Hal ini terbukti dari kurangnya berperilaku baik, kurang sopan santun anak-anak kepada guru dan orang tua. Oleh karena itu guru menerapkannya kearifan lokal satu minggu sekali. RA Kartini memiliki progam unggulan seperti : KBM Saintifik, Mengaji Thoriqoti, Sholat berjama’ah, home visit, life skill, explorasi sains, yasinan tahlil jum’at legi, pengembangan kearifan lokal, hafalan surat pendek & do’a, lomba kreatifitas Ibu & anak. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana mengevaluasi proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam membentuk perilaku sopan santun melalui penerapan bahasa jawa krama?, (2) Bagaimana perilaku sopan santun anak usia 5-6 tahun melalui penerapan bahasa Jawa Krama dari RA kartini Pakisrejo ?, (3) Bagaimana peran orang tua membentuk perilaku sopan santun anak usia 5-6 tahun melalui penerapan bahasa Jawa Krama dari RA Kartini Pakisrejo ?. Pendekatan penelitian digunakan adalah pendekatan kulitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara dan observasi untuk menggali informasi tentang guru dalam menerapkan perilaku sopan santun dalam berbahasa jawa. Metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang profil sekolah, kegiatan pembelajaran dan sarana prasarana sekolah. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penatikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecek keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, teknik kredibilitas. Hasil penelitian ini adalah (1) Evaluasi pembelajaran bahasa jawa krama di RA Kartini Pakisrejo dilakukan satu minggu sekali yaitu setiap hari jum’at terutama pada apel pagi. Selain apel pagi penerapan bahasa jawa krama dilakukan juga di dalam kelas berhitung menggunakan bahasa jawa krama, menyanyi, mendongeng dan pemberian tugas. Selain didalam kelas ada kegiatan diluar kelas seperti mengenalkan permainan tradisional dan membuat makanan tradisional. Anak-anak sebagian belum terlalu bisa dalam berbahasa jawa krama akan tetapi ada beberapa anak yang sudah bisa menerapkannya. (2) perilaku sopan santun anak dalam berbahasa jawa krama sudah mulai bisa meskipun satu dua kata, selain itu perilaku sopan santun dalam penerapan bahasa jawa ini anak mengetahui bahwa masuk rumah mengucapkan salam, tidak boleh duduk di atas meja, izin ke luar rumah, membungkukkan badan lewat depan orang, menolong orang yang butuh pertolongan dan setelah diberi mengucapkan matur suwon. Sopan santun berbahasa dan perilaku anak-anak sudah cukup baik dari intonasi berbicara, gerak-gerik tubuhnya dan mampu mengekspresikan wajahnya. Nanum untuk pemilihan kata dan menyusun kalimat yang lebih jelas perlu bantuan orang tua dan masih belajar. (3) peran orang tua membentuk perilaku sopan santun anak melalui penerapan bahasa jawa krama di RA Kartini (a) Peran orang tua membimbing anak dalam belajar berbahasa jawa krama, menghafal dan mengulangi satu kalimat pembicaraan bahasa jawa krama, (b) Peran orang tua mengawasi anak dalam bertingkah laku sopan santun, (c) Peran orang tua memotivasi anak dengan berbagai cara agar anak berminat belajar bahasa jawa krama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembiasaan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206173006 Elisa Irnawati |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 03:57 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 03:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32362 |
Actions (login required)
View Item |